Akibat Pembakaran Sampah, Lahan Tebu Terbakar

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – Diduga adanya pembakaran sisa sampah tebu, membuat lahan tebu milik PT Prima Nusantara Sakti (PNS) terbakar, hal ini terjadi pada Senin (16/4) pukul 12.00 WIB, tapi berhasil dipadamkan.

Danramil Sungai Menang, Kapten Chb Jauhari membenarkan adanya laporan dari Kades Desa Sungai Menang kalau lahan tersebut terbakar. “Untuk luasnya kami belum tahu, tapi beruntung mereka langsung menerjunkan tim Regu Pemadam Api,” terangnya.

Ia juga mendapat telepon langsung dari Manager PT PNS yang mengabarkan lahannya mengalami kebakaran. Rencananya pada Selasa  (17/4) atau hari ini, pihaknnya akan langsung mengecek lokasi apakah kebakaran ini karena sampah tebu atau sengaja dibakar.

Untuk itu ia meminta pihak perusahaan harus menyiagakan tim pemadaman api di setiap posko yang dibentuk, sehingga ketika terjadi kebakaran api dapat segera dikendalikan terlebih saat ini kondisi cuaca cukup panas.

Kebun PNS ini merupakan kebun tebu yang baru dua tahun terakhir di tanam. Tahun lalu pernah terbakar, tapi masih dalam bentuk lahan kosong. Dirinya mengimbau kepada seluruh pemilik kebun untuk dapat mengantisipasi agar tidak terjadi kebakaran.

Sementara itu, Camat Sungai Menang, Bahrul Amik mengaku tidak mengetahui informasi tersebut, rencananya baru akan menemui perusahaan hari ini.

(Eka DH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE