Alumni UNISKI Harus Berkiprah di OKI

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – Universitas Islam OKI (Uniski) kembali mewisuda ratusan sarjana baru di GOR Biduk Kajang Kayuagung, Kamis (24/8).  Alumni dari kampus ini harus mampu berkiprah dalam pembangunan di Kabupaten OKI.

“Para sarjana ini diharapkan bisa mengembangkan potensi yang ada yang membangun kampung halaman setelah menamatkan jenjang pendidikan di kampus,” komentar anggota DPRD OKI H Subhan Ismail yang menghadiri prosesi wisuda kemarin.

Menurut kader NasDem ini, banyak peluang yang bisa digarap di kampung. Seperti mereka yang tinggal di pesisir pantai OKI, bisa di sektor perikanan yakni budidaya. Tidak hanya itu bagi mereka yang punya lahan bisa budidaya ikan lele atau nila, belut, udang dan yang lainnya.

“Kemudian untuk pertanian mereka bisa bercocok tanam seperti jagung, kacang tanah, sawit, gambir cukup menjanjikan hasilnya,”ungkapnya. Selain itu, para sarjana juga berpeluang menjadi seorang pengusaha di bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), mengingat potensi UMKM di OKI cukup menjanjikan.

“Jangan terlalu berharap untuk menjadi PNS dan tidak terfokus mencari pekerjaan di perkotaan. Mari para sarjana buatlah lapangan pekerjaan,” pintanya. Apalagi saat ini  tingkat pengangguran di sejumlah daerah didominasi para sarjana atau lulusan dari perguruan tinggi.

Pria yang akan maju pada Pilkada OKI Juni tahun depan ini menambahkan, langkah konkrit awal untuk para alumni Uniski yakni mendukung dan menyukseskan program Pemkab yakni membangun OKI dari desa untuk mewujudkan OKI maju, beriman, mandiri dan berkualitas.

Wagub Sumsel Ir H Ishak Mekki MM yang menghadiri wisuda juga berharap, alumni satu satunya universitas di OKI ini harus mandiri dan mampu mengembangkan potensi diri serta mampu memberikan yang terbaik di tempat tinggal masing masing. “Ilmu yang didapat harus mampu diaplikasikan di lingkungan sendiri,” pintanya.

(Novi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE