Indonesia tetap menggunakan visa untuk asian games 2018 Jakarta – Palembang

Jurnalline.com, Jakarta – Indonesia akan tetap menggunakan visa sebagai prosedur masuk wilayah bagi para peserta maupun jurnalis yang akan mengikuti acara Asian Games di Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018.

“Kami tetap menerapkan kebijakan selektif dalam penyelenggaraan kegiatan apapun. Tidak ada kebijakan bebas visa, kartu akreditasi Asian Games tidak otomatis berlaku sebagai visa masuk Indonesia,” kata Kepala Subdirektorat Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Hongky Juanda dalam Forum Media Asian Games di Jakarta, Senin.

Meskipun Indonesia tetap menggunakan visa masuk, Hongky menegaskan bahwa Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM akan mempermudah proses penerbitan visa bagi para semua peserta maupun jurnalis Asia yang akan mengikuti acara Asian Games 2018.

“Para jurnalis yang terakreditasi komite Olimpiade di masing-masing negara akan mendapatkan fasilitas bebas biaya penerbitan visa. Tapi, jurnalis yang tidak terakreditasi komite Olimpiade dari negaranya akan tetap dikenakan biaya penerbitan visa,” ujar Hongky.

Hongky menjelaskan masing-masing komite Olimipade di negara Asia akan melaporkan penerbitan visa di kedutaan Indonesia bagi para peserta dan jurnalis Asian Games.

“Jika seseorang masuk dalam Daftar Cegah Tangkal, dia akan kami tolak mendapatkan visa ke Indonesia meskipun namanya sudah terdaftar dalam komite Olimpiade di negara itu,” kata Hongky.

Hongky menambahkan sembilan negara yang masuk dalam Daftar Cegah Tangkal di Indonesia antara lain Afganistan, Guinea, Israel, Korea Utara, Liberia, Niger, Nigeria, dan Somalia.

Forum Media Asian Games 2018 merupakan kegiatan Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) yang bertujuan menjelaskan persiapan pelaksanaan pesta multi-cabang olahraga yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang, pada Agustus 2018.

(alx/ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE