KPA Kab. Tangerang Sosialisasi Pemahaman Penularan Dan Bahaya HIV/AIDS Bersama Media

Jurnalline.com, Kab. Tangerang – Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kab. Tangerang. Mengadakan Giat sosialisasi mengandeng Awak media sebagai patner penyampaian kepada masyarakat. Untuk mengenal lebih jauh penularan dan penanganan HIV AIDS yang dimana, pasalnya. Jumlah Angka pengidap HIV AIDS di Kab. Tangerang yang semakin tinggi, acara yang berlangsung di Resto Warung Sunda, Talaga Bestari Balaraja Kab. Tangerang, turut hadir pula Dr. Hendra Tarmizi MARS. Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kab. Tangerang sebagai narasumber di acara tersebut. Rabu, (31/01/2018).

Tingginya angka jumlah Orang Dengan HIV dan AIDS (ODHA) di Kab. Tangerang, sepanjang tahun 2016 dan tahun 2017 sebanyak 1213 orang, yang terdiri dari jumlah terinfeksi HIV 337 dan 879 Penderita AIDS di Kab. Tangerang di akibatkan populasi Lelaki Seks dengan Lelaki (LSL) di tahun 2016, sebanyak 39 ribu atau meningkat dibanding tahun 2015. Faktor yang menyebabkan bertambahnya komunitas LSL, salah satunya populasi urbani serta perubahan social budaya.

Drs. Hendra Tarmizi MARS dalam sambutanya mengatakan, HIV/AIDS dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Dan Cara penularan HIV/AIDS juga dapat melalui hubungan heteroseksual, homoseksual,Biseksual atau pada bayi di dalam kandungan yang ibunya positif penderita.

” Penularan HIV/AIDS dapat melalui transfusi darah,cairan sperma dan pemberian ASI dan penggunaan jarum suntikan yang tidak diganti – ganti,”Kata Hendra kepada awak media.

Sementara itu, Persoalan besar  pada epidemi seseorang HIV/AIDS adalah tidak bisa dikenali secara fisik karena tidak ada ciri – ciri maupun gejala – gejala yang khusus dari si pengidap HIV AIDS.

” Layanan HIV Komprehensif Berkesinambungan (LKB) dan pengembangan LKB menjadi 13 Puskesmas dan empat rumah sakit, pelatihan di 44 Puskesmas dan pengembangan kemitraan dengan pendamping dan penjangkau, dirasa harus cepat didorong,” Pungkasnya.

Lebih lanjut Eko Darmawan dari KPA Kab. Tangerang mengatakan, dengan melibatkan media dengan tujuan menjadi partner untuk pemberian informasi apa itu penyakit HIV/AIDS. Dan juga diharapkan masyarakat menjadi paham dan sadar tentang penyakit HIV/AIDS.

” Semoga teman-teman media menjadi partner kita dalam penyampaian informasi tentang pemahaman HIV/AIDS, bagaimana pencegahan dan penularan HIV/AIDS itu,” Tandasnya.

Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten. Tangerang berharap kepada masyarakat agar paham dan mengerti penyebab, mencegah/menghindari HIV/AIDS serta dan bagaimana bersikap terhadap penderita HIV/AIDS.

(Aris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE