Porprov Sumsel ke XI Juara Tiga Besar Diraih Banyuasin 

Jurnalline.com, Pangkalan Balai (Sumsel) – Pekan olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Selatan ke XI di Palembang telah berakhir. Target Kabupaten Banyuasin merebut podium juara tercapai di peringkat tiga (3) besar, dimana tahun lalu Banyuasin pernah  terpuruk saat Porprov ke X di Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

Juara porprov kali ini masih menjadi milik Kota Palembang yang meraup 99 emas, 89 perak, 95 perunggu. Disusul kabupaten Muba di peringkat dua dengan Perolehan 91 emas, 82 perak dan 78 perunggu. Kontingen  Banyuasin yang berkekuatan 300 atlet dan 50 ofisial memetik 30 emas, 34 perak 45 perunggu, bertengger di posisi tiga besar.

Koleksi medali Banyuasin ini dihasilkan dari 15 cabang olah raga unggulan, Atletik menjadi lumbung medali yang menyumbangkan 11 emas empat perak dan tiga perunggu disusul cabor senam, taekwondo, catur, sepatu roda dan kempo masing menyumbangkan tiga medali emas.

Perolehan medali emas berikutnya diperoleh dari cabor dayung dua emas, selanjutnya panahan dan pencak silat masing-masing meraih satu emas, enam cabor lainnya, meski belum mengoleksi emas tapi sangat berperan mengantarkan Banyuasin ke posisi tiga besar Porprov, melalui tujuh perak dan dua perunggu panjat tebing, kemudian dua perak cabor  tinju,  dua perunggu biliar, dua perunggu renang,  dua perunggu sepak takraw selanjutnya tenis meja dan futsal masing-masing satu perunggu.

Wakil Ketua Kontingen Banyuasin A Sarnusi mengatakan, target tiga besar di kejuaraan Porprov telah tercapai, tinggal lagi bagaimana cara untuk meningkatkan prestasi ini, minimal mempertahankan perolehan peringkat tiga besar untuk Porprov yang akan datang.

“Kami selaku pemerintah mengucapkan terima kasih sebesar-besar nya kepada atlet, pelatih, ofisial dan seluruh doa dari masyarakat Banyuasin untuk prestasi yang telah dicapai saat ini,” katanya.

Sarnusi mengakui, pencapaian ini sangat luar biasa, mengingat atlet yang dikirim untuk mengikuti kejuaraan Porprov ke XI di Palembang 100 persen putra daerah Banyuasin, tidak ada atlet luar yang ikut karena atlet Banyuasin mampu memberikan yang terbaik untuk daerahnya.

“Meski dengan keterbatasan sarana dan prasarana dalam menghadapi Porprov di Palembang, atlet Banyuasin tetap semangat dan mampu memberikan hasil yang maksimal dalam kejuaraan ini,” katanya.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap pencapaian ini, Pemkab Banyuasin akan mengucurkan bonus pada pelatih dan atlet yang telah mengharumkan nama Banyuasin di Porprov ke XI di Palembang.

“Mau tidak mau harus ada bonus atlet dan pelatih atas prestasi yang didapat, tapi berapa besarannya masih dianggarkan Pemerintah dalam memacu semangat dalam pertandingan pada Porprov berikutnya,” ucap A. Sarnusi.

(Mar) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE