PRABUMULIH KEMBALI RAIH PENGHARGAAN TINGKAT NASIONAL

Jurnalline.com, Kota Prabumulih – Walikota Prabumulih Dianugerahi PIN Teratai Emas Purna Paskibraka Kelurahan Mangga Besar Sabet Dua Trofi, Regional dan Provinsi Dokter Puskesmas Prabumulih Timur Juara Dua Dokter Gigi Teladan Kurun waktu seminggu, Kota Prabumulih kembali diganjar penghargaan. Dimulai dari penghargaan PIN Teratai Emas  dari Pengurus Pusat Purna Paskibraka Indonesia kepada Walikota Prabumulih H Ridho Yahya.
Ketua Umum PPI Pusat Gousta Feriza SH, MH menyematkan PIN Teratai Emas kepada Walikota Prabumulih H Ridho Yahya pada acara Malam Resepsi Kenegaraan di Pendopoan Rumah Dinas Walikota, Jumat (18/8/2017).
PIN Teratai Emas ini merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan PPI kepada seseorang atas perhatian dan kepeduliannya terhadap perkembangan Paskibraka. Menurut Gousta, di Indonesia, penerima PIN Teratai Emas baru Menteri Pemuda dan Olahraga dan Kepala Badan Narkotika Nasional.
“Kali ini, kita anugerahkan kepada Walikota Prabumulih H Ridho Yahya,” ujarnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, PPI mencatat Walikota Prabumulih layak mendapatkan penghargaan tersebut karena H Ridho Yahya bukan hanya peduli terhadap purna Paskibraka, melainkan juga terhadap pembina dan seluruh anggota Paskibraka.
Yang jelas, menurut dia, kepedulian walikota ini akan disampaikan ke seluruh kabupaten dan kota di Indonesia.
Walikota Prabumulih H Ridho Yahya mengucapkan terima kasih atas anugerah PIN Teratai Emas ini. Menurutnya, sudah menjadi kewajiban dirinya selaku kepala daerah memperhatikan dan peduli terhadap generasi muda, terutama generasi muda yang tergabung dalam Paskibraka.
Sementara itu, Kota Prabumulih satu-satunya kota di Indonesia yang menunjuk seorang Polisi Wanita (Polwan) sebagai Komandan Kompi (Danki) Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) dalam acara Detik- Detik Proklamasi Penurunan Bendera Merah Putih di Halaman Rumah Dinas Walikota Prabumulih, Kamis (17/8/2017).
Inspektur Dua (Ipda) Gharasa Zahra Zahira, S.Tr.K merupakan Kepala Unit (Kanit) Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Prabumulih Timur.  Perempuan kelahiran, Jakarta, 20 Januari 1995 ini, buah hati pasangan Yusup Ruhiman, MH dan dr Mediawati, SKM, SH, terpilih sebagai Komandan Paskibraka Tahun 2017.
Taruni Akpol lulusan tahun 2016  ini sukses memimpin Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) Kota Prabumulih tahun 2017 yang bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih di rumah dinas Walikota Prabumulih.
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ( Paskibra ) Kota Prabumulih tahun 2017 ini sendiri berasal dari TNI, Polri dan siswa-siswi terbaik yang berasal dari sekolah-sekolah di Kota Prabumulih dan telah mengikuti serangkaian tes yang dilaksanakan oleh panitia penerimaan paskibraka Kota Prabumulih. Gharasa sendiri merasa bangga dapat mempimpin Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ( Paskibra ) Kota Prabumulih, ” Alhamdulillah tidak ada kendala berarti,” katanya.
Sementara itu, Kelurahan Mangga Besar Kecamatan Prabumulih Utara meraih Juara Kedua Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional dan Juara Pertama Tingkat Provinsi Tahun 2017. Kelurahan Mangga Besar ini berhak memperoleh trofi dan uang pembinaan sebesar Rp. 50 juta. Penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri diwakili Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo  kepada Lurah Mangga Besar Joni Panhar ST, MM di Mercure Convention Centre Ancol Jakarta, Selasa, 15 Agustus 2017.
 Camat Prabumulih Utara Masayu Maznah didampingi Lurah Mangga Besar Joni Panhar, ST MM menyatakan rasa syukurnya atas diperolehnya penghargaan ini. Prestasi ini diharapkan dapat memotivasi seluruh jajaran di kelurahan dalam kecamatan Prabumulih Utara untuk meningkatkan kinerja, agar bisa berprestasi lebih baik di masa mendatang.
Keberhasilan Kelurahan Mangga Besar Kecamatan Prabumulih Utara ini layak diapresiasi. Sebab, proses mengikuti perlombaan ini sangat panjang dan selektif. Setiap lurah harus bisa memaparkan dengan baik potensi yang bisa dioptimalkan di kelurahan masing-masing.
Lurah Mangga Besar Joni Panhar ST, MM mengatakan tahapan penyelenggaraan perlombaan Desa dan Kelurahan meliputi penilaian administrasi, klarifikasi lapangan, pleno penilaian hasil klarifikasi lapangan dan pemaparan Kades/Lurah calon juara lomba serta penetapan juara lomba.
Tujuan perlombaan Desa dan Kelurahan adalah mendorong dan memberi motivasi kepada Pemerintah Desa dan Kelurahan beserta masyarakatnya untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat Desa dan Kelurahan.
Walikota Prabumulih H Ridho Yahya mengucapkan selamat kepada Kelurahan Mangga Besar Kecamatan Prabumulih Utara atas keberhasilan meraih juara lomba desa dan kelurahan. Menurutnya, keberhasilan ini menunjukkan bahwa Kota Prabumulih tidak kalah dengan kabupaten dan kota di Sumatera Selatan. “Kita akan kasih reward berupa umroh untuk Lurah Mangga Besar,” demikian Ridho.
Terakhir,  Dokter Gigi Sriwidiatuti yang bertugas di Puskesmas Prabumulih Timur berhasil meraih juara kedua  dalam acara Penanugerahan Tenaga Kesehatan di Puskesmas Tingkat Nasional Tahun 2017 di Hotel Grand Sahid Kamis 17 Agustus 2017.
Atas prestasinya itu Dokter Gigi Sriwidiastuti memperoleh satu unit sepeda motor yang diserahkan Menteri Kesehatan Nila Djuwita F  Moeloek.  Sriwidiastuti juga diundang makan malam bersama Presiden JokoWidodo dan Ibu Iriana di Istana Negara. Walikota Prabumulih H Ridho Yahya menyatakan, akan memberangkatkan umroh kepada Drg Sriwidiastuti atas prestasinya ini,
Sriwidiastuti, Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang bertugas sebagai tenaga kesehatan di Puskesmas Timur sejak 2009.
Dokter kelahiran 27 Juli 1974 ini telah menjalani tahap seleksi yang ketat sebelum akhirnya memeroleh juara kedua tingkat nasional. Proses seleksi ini memakan waktu berbulan-bulan dengan berbagai tes, yang diselenggarakan oleh pihak Kabupaten maupun pihak Provinsi.
“Alhamdulillah, kami mendapatkan undangan, untuk menerima penghargaan  dari kementrian kesehatan,”  kata Sriwidiastuti.
Untuk mengikuti tenaga kesehatan teladan, ada  beberapa seleksi, yang pertama seleksi dari kabupaten, tes tertulis dan wawancara mengenai inovasi di bidang kesehatan. Selesai tingkat kabupaten, mengikuti seleksi tingkat provinsi, berkompetisi dengan  kabupaten/kota  di Sumatera Selatan.Seleksi juga dilakukan peninjauan langsung oleh tim eeleksi ke tempat tugas masing-masing.
Walikota Prabumulih H Ridho Yahya menyatakan rasa bangganya atas diraihnya juara kedua dokter gigi teladan tingkat nasional oleh Drg Sriwidiatuti. Ia berharap, prestasi ini dapat diikuti tenaga kesehatan lainnya di Kota Prabumulih, untuk berprestasi baik di tingkat regional maupun nasional.
(ADVERTORIAL HUMAS PRABUMULIH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE