Pangdam XIII/Mdk Mayjen TNI Tiopan Aritonang Buka Kegiatan TMMD Imbangan 2019

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara (Korem 133/Naniwàrtabone) – Demi untuk kemaslahatan masyarakat dalam mensejahterakan dan bisa sejajar dengan masyarakat perkotaan dalam pembangunan agar tidak ketertinggalan dalam pembangunan, maka pada hari ini Jumat (5/4/2019) dilaksanakan kegiatan TMMD Imbangan wilayah Kodim 1313/Pohuwato yang akan berlangsung ďiwilayah yakni Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo.

Ķegiàtan ini dibuka langsung oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang yang dalam upacara pembukaan turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Idris Rahim, jajaran Forkopimda Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Boalemo dan Pohuwato.

Pangdam XIII/Merdeka yang dalam amanat tertulisnya mengatakan sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa program TMMD adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan pemerintah daerah serta segenap lapisan masyarakat untuk mempercepat pembangunan di daerah terpencil dan terisolir.

“TMMD 2019 dilaksanakan, baik yang bersifat fisik maupun nonfisik, hal ini guna peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat dipedesaan.” Tegas Pangdam

Lanjutnya bahwa karya bakti (TMMD Imbangan) kali ini dilaksanakan di Desa Bolihutuo Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo, dengan sasaran fisik, mengerjakan peningkatan badan jalan sejauh 5.000 meter dan pembuatan plat deker (gorong-gorong).

“Sasaran non fisik diwujudkan melalui pelatihan, penyuluhan kesehatan, metode bertani dan beternak modern, serta sosialisasi hukum, bahaya narkoba maupun kesadaran tentang bela Negara.” Jelas Mayjem TNI Tiopan Aritonang

Selain itu, kegiatan Karya Bakti TMMD Imbangan ini juga merupakan sarana bagi usaha-usaha untuk mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa demi terjaganya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh karena itu, TMMD Imbangan 2019 kali ini diharapkan mampu mewadahi dan mewujudkan aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan wilayah Gorontalo, mengingat proses perencanaannya yang juga melibatkan berbagai instansi dan masyarakat, kerjasama aktif dan semangat gotong-royong dari seluruh pemangku kepentingan dapat mengatasi berbagai masalah yang timbul selama pelaksanaan Karya Bakti TMMD Imbangan ini.

“Seluruh sasaran yang telah ditetapkan dapat diselesaikan dengan lancar dan tepat waktu, diakhir amanat Pangdam berpesan kepada kita semua sinergitas TNI Polri dan Pemerintah daerah menjamin akan keamanan pada pelaksanaan pemilu pilleg dan pilpres 17 April 2019 mendatang.” Tegas Pangdam

Usai pelaksanaan upacara pembukaan TMMD Imbangan 2019, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang, juga menyerahkan alat peralatan yang akan dipergunakan dalam pelaksanaan kegiatan dilapangan.

Ķegiatan ßelesai upacara dilanjutkan dengan penampilan tari dana-dana oleh dinas pemuda dan olahraga Kabupaten Boalemo, atraksi bela diri Yong Moodo oleh prajurit Yonif 713/Satya Tama dan peninjauan kegiatan baksos oleh Pangdam serta seluruh tamu undangan.

Hadir pada pembukaan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Forkopda Provinsi Gorontalo, Bupati Boalemo, Bupati Pohuwato serta Forkopimda kedua wilayah tersebut dan juga kegiatan ini dihadiri Dan Lantamal VIII Manado.

Penulis : Effendy Isķandar
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.