Musim Kemarau Tiba,200 Lahan Gambut Di Lalap Api

Spread the love

Jurnalline.com, Ogan Ilir (Sumsel) – Memasuki musim kemarau,tak kurang 200 hektar lahan gambut yang terletak di sekeliling jalan Tol Palembang-Indralaya dilalap sijago merah.

Upaya yang dilakukan pihak Penanggulangan bencana dan pemadam baik melalui udara maupun darat yang dilakukan untuk memadamkan lahan gambud yang dilalap sijago merah terus dilakukan,namun sampai saat ini penyebab kebakaran lahan ratusan hektar tersebut belum di ketahui penyebabnya, apakah memang sengaja dibakar oleh oknum tertentu atau bukan.

Kepala BPBD Ogan Ilir Jamhuri mengatakan saat dibincangi awak media mengatakan,sampai hari ini hampir 200 hektar lahan gambud yang sudah terbakar yang tersebar di tiga Kecamatan seperti Kecamatan Pemulutan, Pemulutan Barat dan Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir.

Dikatakannya,Sampai saat ini Ogan Ilir belum menyatakan siaga merah, karena setiap hari petugas dari BPBD OI melakukan pemadaman api dan dapat diatasi, hanya saja sekarang BPBD masih banyak kekurangan alat pemadam,seperti mesin pompa air,mobil pemadam dan alat-alat lainnya.

Selain itu di katakan Jamhuri,BPDD juga kesulitan untuk mencari air untuk melakulan memadamkan api,karena di musim kemarau ini banyak aliran anak sungai yang kering.

Dirinya berharap kiranya pada titik-titik rawan kebakaran dapat di bikin anak sungai,sehingga pada musim kemarau yang akan datang pihaknya mudah untuk mendapatkan air.

Penulis : Syaroni
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.