TNI AL Bekali Prajurit Ilmu Pra Nikah

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Disbintalal) membekali para prajurit Tidur Dalam (TD) TNI AL yang berada di wilayah Kotama Jakarta dengan kursus pembekalan pembinaan ilmu pra nikah yang dibuka Sekdisbintalal Kolonel Marinir Teguh Widodo, CHRMP., mewakili Kadisbintalal Laksamana Pertama TNI Drs. Ian Heriyawan, CHRMP bertempat di Aula Tjut Nyak Dien, Markas Besar TNI (Mabes TNI), Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu, (27/10).

Kursus yang di ikuti 49 prajurit TD Perwira, Bintara, Tamtama serta Kowal dan personel yang baru saja melaksanakan pernikahan ini bertujuan untuk membantu memberikan informasi tentang hubungan dalam ikatan pernikahan guna mempersiapkan pernikahan yang harmonis, sehingga diharapkan dapat mengurangi angka perselisihan, kekerasan dan perceraian dalam berumah tangga karena keluarga yang bahagia dapat menyemangati prajurit dalam melaksanakan tugas pokok TNI AL.

“Pelajaran kehidupan berumah tangga nyaris tidak ditemukan dalam mata pelajaran di sekolah maupun mata kuliah di perguruan tinggi, sementara kehidupan keluarga memiliki peran signifikan dalam mendukung keberhasilan tugas para prajurit di satuan”, ujar Sekdisbintalalal.

Proses mewujudkan sebuah keluarga bahagia menurutnya, pada dasarnya memiliki sikap saling memahami tugas masing-masing. “Keluarga bahagia adalah keluarga yang berlandaskan rasa keterbukaan, karena secara kodratnya tidak ada keluarga yang berjalan mulus tanpa konflik, dan yan terpenting adalah bagaimana kita bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan bijak,” jelas Kolonel Teguh.

Beberapa materi yang akan disampaikan selama dua hari pelaksanaan kursus ini diantaranya pembinaan pra nikah dalam persepektif Undang-undang perkawinan dan dampak dari perceraian oleh Penyuluh Agama KUA Kecamatan Cipayung Linda Lestari, S.Ag., M.Sos.; dan juga hak dan tugas kewajiban suami isteri oleh Kasubdisbinroh Disbintalal Kolonel Laut (KH) Harun Arrasyid, S.Ag., M.A., M.Tr.Hanla.

Materi lainnya mengenai syarat rukun nikah dijelaskan oleh Pembina IV/a Drs. Kusnadi, M.Sos., Peranan Keluarga dalam perspektif Psikologi dalam mendukung tugas-tugas oleh Dekan Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah DR. Hj. Zahrotun Nihayah, kemudian materi Persyaratan Administrasi Nikah dan Proses Alur menghadap nikah dalam kedinasan oleh Kasirohis Disbintalal Letkol Laut (KH) Fauyan Asngari, S.Ag.

Kegiatan ini sejalan dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul dan profesional.

Editor : Ndre
Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.