Antisipasi Bencana, Danlanudal Tanjungpinang Hadiri Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Tahun 2021

Spread the love

Jurnalline.com, Sidoarjo Puspenerbal – Danlanudal Tanjungpinang Letkol Laut (P) Rivai, A.Md.Pi., SH., M.H., menghadiri Apel kesiapan penanggulangan bencana tahun 2021, bertempat di Lapangan apel Polres Tanjungpinang Jl. Ahmad Yani, dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Tanjungpinang, Jumat Kemarin (12/11).

Bertindak sebagai pemimpin apel adalah Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP., dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasihnya pada seluruh peserta apel kesiapan antisipasi bencana, yang mana apel ini digelar untuk melihat sejauh mana kesiapan sarana dan prasarana penanggulangan bencana mengingat dalam kurun waktu 5 tahun terakhir pada periode 2016 hingga 2020, BNPB mencatat ada sebanyak 17.032 kali kejadian bencana yang terjadi di tanah air.

Adapun dari data tersebut, hampir 99 % kejadian bencana yang dilaporkan adalah jenis bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, longsor, cuaca ekstrem, kekeringan serta kebakaran hutan dan lahan.

Tanjungpinang sendiri pada dua tahun terakhir telah terjadi sebanyak 596 kali kejadian bencana. data yang dirangkum oleh BPBD Kota Tanjungpinang selama periode 2021, tercatat 359 kejadian bencana alam hingga 31 Oktober 2021, data ini menunjukan peningkatan yang signifikan atas kejadian bencana alam di Kota Tanjungpinang.

“Saya minta seluruh personel baik dari provinsi maupun kabupaten/kota serta TNI-Polri agar mampu mengatasi apabila nantinya terjadi bencana dan mampu mengatasi kendala di lapangan. Dalam menghadapi situasi bencana alam baik banjir, tanah longsor dan angin puting beliung kita tidak bisa sendirian menghadapinya tetapi harus bersama-sama,” ujar Rahma sapaan akrabnya.

Dalam kesempatan Danlanudal Tanjungpinang Letkol Rivai, mendampingi Walikota bersama Frokopimda melakukan pengecekan kesiapan pasukan maupun perlengkapan dari masing-masing satuan guna memastikan bahwa kendaraan maupun peralatan sudah siap untuk dipergunakan.

Danlanudal Letkol Laut (P) Rivai menambahkan bahwa prajurit Lanudal Tanjungpinang jajaran Puspenerbal siap mendukung dan membantu Pemerintah Tanjungpinang apabila terjadi bencana alam di sekitar wilayah Provinsi Tanjungpinang ini”, ujar Danlanudal.

Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.