Jepreten Alex Frans Mendur Pukau Rombongan Dinas Kebudayaan Pariwisata Kab.Minahasa

Spread the love

Jurnalline.com, Kawangkoan – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Drs. Steady Tumbelaka dan Rombongan menyambangi Tugu Pers Alex Mendur, yang berlokasi di Kelurahan Talikuran kab.Minahasa Jumat (18/2/2022).

Bersama Sekretaris Budpar kab. Minahasa Conny Muntu, Camat Kawangkoan Utara Fabian Mendur, Kabid Pemasaran dan Promosi Melisa Rondonuwu, Kabid Kebudayaan Youlanda Kawatu serta sejumlah jajaran ketika bersuah bersama awak media mengaku kagum akan apa yang dilihatnya.

“Dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab.Minahasa sengaja hadir ditempat ini  mewakili Bupati Minahasa Royke Roring dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, mengunjungi tempat ini serta melihat langsung hasil foto karya Alex dan Frans yang dipajang di rumah kayu sejak tahun 2013.” Terang Steady

Dijelaskan Steady Tumbelaka, Bupati Royke Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey menitip pesan untuk memperhatikan koleksi foto yang ada di Tugu Pers Mendur.

“Luar biasa diantara foto ternyata ada foto masa kecil dari Presiden RI ke 5 Megawati Soekarno Putri, (red_foto – foto hitam putih) yang adalah bagian sejarah dan perlu dijaga sebagai bagian bukti sejarah Indonesia.”

Monumen dan museum Alex Impurung Mendur dan Frans Soemarto Mendur yang berada di Kelurahan Talikuran Kecamatan Kawangkoan Utara Kabupaten Minahasa ternyata menyimpan banyak cerita yang belum diketahui oleh warga.

Sementara Cucu Frans, Piere Mendur yang kesehariannya menjaga lokasi tersebut berharap ada perhatian dari Pemerintah akan peninggalan sejarah di Monumen dan Museum yang diresmikan Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudoyono pada perayaan Hari Pers Nasional tahun 2013.

“Semua foto-foto yang ada disini adalah hasil karya dari Alex Mendur dan Frans Mendur, seperti masa kecil Megawati Sukarnoputri, Presiden Soekarno yang lagi tidur,  Rapat di Istana Negara, Presiden Soekarno menerima Tamu termasuk foto monumental Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 1945 dan masih banyak lagi,” ungkap Piere Mendur Berterima kasih juga atas kujungan Budpar dan PWI Sulut yang suda mengunjungi tempat ini.

Terpisah Koordinotor pendirian Monumen Alex Frans Mendur, Berty Mendur asal kawangkoan menyampaikan pihak keluarga mengizinkan Hasil Foto karya Alex Frans Mendur nantinya bisa diikutkan pada Kegiatan kegiatan Pameran.

“Ada baiknya nanti monumen tugu pers mendur ini nantinya di rawat dan di renovasi total oleh Pemerintah atau Dinas terkait.” Kunci Om Berty sosok pentolan sospol yang mengabdi 10tahun di Depdagri kepada media ini kiranya dapat Memotivasi generasi muda sekarang ini.

Ditambahkan Kabid Kebudayaan Pariwisata kab.minahasa Youlanda Kawatu kepada wartawan setelah melihat karya Jurnalistik terdekat Alex dan Frans Mendur memberi apresiasi .”Atas nama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kab.Minahasa melihat hal ini dari sisi Sejahrah sangat keren. Luar biasa ada Tokoh Pers Asal Minahasa sebagai bagian Pelaku Sejarah. harapan dapat hadir Jurnalis Handal dari Sulut khususnya Minahasa.”kata Kabid Kebudayaan Youlanda Kawatu.

Penulis : IskandarEffendy
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.