Kolinlamil Latih Prajuritnya Tuangkan Kreatifitas Melalui Teknik Editing Video

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Dinas Penerangan Komando lintas Laut Militer menggelar Latihan Fungsional Penerangan Triwulan I tahun 2022. Pembukaan latihan pada hari Senin (14/2) dikuti oleh 35 peserta dari berbagai satuan kerja jajaran Mako Kolinlamil dan personel KRI berlangsung di Gedung Laut Natuna Lantai 3, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta.

Latihan fungsi penerangan di awal tahun ini tentang teknik editing video “Kinemaster” yang diselenggarakan sebagai bagian dari pembinaan personel untuk meningkatkan ketrampilan dan kreatifitas personel Kolinlamil, khususnya dalam memanfaatkan smartphone dan aplikasi “Kinemaster” untuk editing video yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam rangka kegiatan publikasi yang dilaksanakan oleh jajaran penerangan.

Dalam latihan fungsional ini disampaikan materi meliputi pengetahuan dasar dan tehnik pengambilan gambar atau video, pemahaman fitur-fitur kinemaster, kombinasi efek video dan pemahaman rendering hingga dapat diupload melalui media.

Kadispen Kolinlamil, Kolonel Laut (P) M. Yunianto mengatakan dengan pelatihan ini diharapkan mampu menambah ketrampilan dan kreatifitas prajurit dalam menghasilkan karya video jurnalistik yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan dalam setiap kegiatan di Kolinlamil sebagai bagian dari publikasi TNI AL.

“Manfaatkan smartphone yang dimiliki untuk mengasah kreatifitas dan ketrampilan dalam editing video. Oleh karenanya, dengan pelatihan ini diharapkan seluruh personel yang mewakili satuan kerja jajaran Mako Kolinlamil dan personel KRI dapat berkontribusi menyajikan publikasi yang baik dalam pembangunan citra TNI AL di masyarakat.” ungkap Kadispen Kolinlamil.

Selain itu, latihan ini digelar karena Kolinlamil sangat menyadari bahwa setiap personel harus mampu berperan sebagai insan Public Relation yang merepresentasikan hal-hal positif di institusinya masing-masing sehingga medapatkan citra yang baik dari masyarakat pada umumnya.

Kegiatan pelatihan ini cukup memberikan magnet tersendiri bagi para prajurit yang mengikuti karena selama ini teknologi smartphone yang mereka pegang belum dimanfaatkan sepenuhnya. Dengan pelatihan ini mereka merasakan adanya tantangan untuk adu kreatifitas dan ketrampilan dalam membuat suatu karya yang bermanfaat untuk diri pribadi maupun kedinasan.

Fram
Editor : Ndre
Sumber : Dispen Kolinlamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.