PPKS SMK KAL-1 Menuju Sandart Nasional Pendidikan Yang Unggul

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya – Dalam rangka meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut / SMK KAL-1 , (12/02/22) Tim Visitasi dari Ketua Pelaksana Penilaan Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Wilayah Sidoarjo-Surabaya Syaifullah, S.Pd., M.A.P selaku Pembina Pengawas SMK KAL-1, di damping Pengawas SMK Dra. Heni Inawati P, M.Pd berkunjung ke SMK KAL-1 diterima oleh Kepala Sekolah Kolonel Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si bersama seluruh manajmen sekolah di Ruang Punthodewo.

Sambutan pertama di sampaikan oleh Kepala Sekolah SMK KAL-1 Kolonel Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si yang menyampaikan tentang visi dan misi sekolah dan di tutup dengan pemutaran video kinerja selama 26 bulan memimpin sekolah ini sejak Nopember 2019 hingga saat ini.

PKKS kali ini meliputi Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah, Tugas Tambahan, Manajerial, Kewirausahaan, dan Supervisi. Disamping itu seorang Kepala Sekolah dituntut harus memiliki karya inovasif. Dalam hal ini Kepala Sekolah SMK KAL-1 menunjukkan beberapa karya inovatifnya kepada Tim PKKS antara lain : Tas Haji ( Smart bag hajj), Dongkrak electric dan Kapal Kombo Karno (Kapal Penanggulangan Bencana)

Ketua Tim PKKS menyampaikaan bahwa yang dimaksudkan Penilaian Kenerja Kepala Sekolah (PKKS) bulanlah Kinerja Kepala Sekolah sendirian, hakekatnya adalah kinerja sekolah secara keseluruhan, hanya yang sangat berperan disini adalah manajemen seorang kepala sekolah Pelaksanaan tim PPKS saat ini hanyalah meninjau sejauh mana kinerja sekolah. Jadi bila kinerja sekolah baik maka Kepala Sekolah juga baik bila didukung oleh kinerja staf yang baik , “tutur Ketua PPKS”.

Syaifullah, S.Pd., M.A.P selaku Ketua Tim PKKS secara terpisah melakukan penilaian di bidang Keiswaan dan Humas yang langsung di jelaskan oleh Munawar, S.Pd beserta tim kesiswaan. Untuk pemeriksan kondisi Kurikulum dan Opsdik dijelaskan oleh Ari Sutriyono selaku Waka Kurikulum dan Opsdik beserta tim dan pemeriksaan di bagian Sapras dan IT oleh Dra. Heni Inawati P, M.Pd dijelaskan oleh oleh Waka Sarpras dan IT Karno Setyo Budi, S.Pd ., M.M., M.Pd beserta seluruh tim yang tergabung di bagian ini.

Tim PKKS selama berada di SMK KAL-1 karena masih dalam masa pandemi covid-19, seluruh pemeriksaan berkas semuanya dilakukan dengan tetap mengacu kepada protocol kesehatan yang ketat, (melaksanakan cuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak).

Diakhir penilaian, Kepsek Pamen berpangkat Melati tiga di pundaknya ini dan masih aktif sebagai prajurit TNI AL di Kotama Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut ( Kodiklatal ) dapat menyimpulkan bahwa dengan adanya kekurangan yang di sampaikan tim Penilai, sesuai dengan visi sekolah : “ Terwujudnya generasi berakhlak mulia yang memiliki kopetensi unggul terhadap kemajuan teknologi pada zamannya ” dan misi sekolah : “Meningkatkan manajemen sekolah berbasis mutu, Meningkatkan pencapaian quality assurance siswa sesuai keahliannya, Meningkatkan profesinalisme dan kesejahteraan tenaga pendidik/ tenaga kependidikan, membangun komunikasi kerja sama dan silaturahmi antara wali murid, instansi terkaait dan lingkungan sekolah secara berkesinambungan dan tersedianya dana mandiri untuk operasional sekolah.

Maka untuk menindak lanjuti temuan beberapa kekurangan tersebut, ke depan SMK KAL-1 akan berusaha menjadikan sekolah yang solutif yang akan memberikan solusi terhadap masalah yang di hadapi, bukan Polutif yang selalu membuat masalah, sehingga sekolah ini kedepan akan menjadi dambaan masyarakat yang di idam-idamkan oleh segenap keluarga besar SMK KAL-1.

Dengan Mengacu pada visi dan misi sekolah yang baru ini diharapkan SMK KAL-1 dapat segera mewujudkan Pembangunan Karakter Pelajar Pancasila sebagaimana tuntutan dari Kemendikbud Ristek Nadiem Makarim.

Fram
Editor : Ndre
Sumber : Yht/dar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.