Tingkatkan Profesionalitas, Pengelola Keuangan Jajaran TNI AL Gelar Rakernisku

Spread the love

Jalesveva Jayamahe

Jurnalline.com, Jakarta – Kepala Dinas Keuangan Angkatan Laut (Kadiskual) Laksamana Pertama TNI Poedji Santoso secara resmi membuka Rapat Kerja Teknis Keuangan (Rakenisku) I TNI Angkatan Laut (TNI AL) tahun anggaran 2022 secara tatap muka dan melalui video conference (vicon) yang berlangsung dari Ruang Rapat Diskual, Gedung B4 Lantai III Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur, Rabu, (08/06) kemarin.

Rakernisku yang diikuti para Kepala Keuangan wilayah (Kakuwil) dan Kepala Akuntansi (Ka Akun) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) ini mengusung tema “Melalui Rakernisku I TNI Angkatan Laut TA 2022 Kita Tingkatkan Profesionalisme dan Kinerja Pengelola Keuangan Negara Guna Mewujudkan Laporan Keuangan TNI Angkatan Laut yang Berkualitas”.

Menurut Kadiskual tema yang diangkat di anggap sesuai dengan situasi yang sedang dihadapi saat ini, sebab jajaran Dinas Keuangan TNI AL harus bersiap untuk menyusun laporan keuangan semester I tahun anggaran 2022, baik di tingkat Satuan Kerja (Satker), wilayah dan eselon-1. Namun hal ini tidaklah mudah, perlu dipastikan terlaksananya migrasi data yang memiliki tingkat kompleksitas tinggi, dari aplikasi eksisting ke aplikasi sakti.

Kadiskual menekankan para pengelola keuangan di lingkungan TNI AL dituntut untuk meningkatkan profesionalisme dan kinerjanya guna keberhasilan migrasi data tersebut, dalam rangka mendukung penyusunan laporan keuangan yang berkualitas sesuai dengan tema yang di usung pada penyelenggaraan rakernisku I TNI AL tahun anggaran 2022 kali ini.

Lebih jauh Kadiskual mengatakan, penyusunan laporan keuangan tahun anggaran 2022 merupakan pertanggungjawaban terhadap pengelolaan keuangan negara, untuk itu kepada personel pengawak pengelola keuangan negara agar senantiasa memperbaiki diri dengan cara meningkatkan profesionalisme dan kinerja di Satker masing-masing serta melakukan langkah-langkah yang dipandang perlu untuk penyempurnaan sistem pengelolaan keuangan negara yang akuntabel.

“Saya berharap acara Rakernisku I tahun anggaran 2022 ini tidak sekedar koordinasi antar Badan Keuangan saja, namun dilaksanakan untuk menindaklanjuti kebijakan strategis dalam pengelolaan keuangan negara serta memberikan bimbingan teknis yang relevan agar pengelolaan keuangan negara pada tiap Badan Keuangan dapat terselenggara sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” kata Laksma Poedji.

Pada Rakernisku kali ini juga menghadirkan narasumber yang turut menyampaikan materi dari Ditjen Pajak, Direktur SITP, Badiklat Kemenku, Kasubdis APK Diskual dan Ka Akun Pushidrosal.

Fram
Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.