Akademi Angkatan Laut Peringati Hari Jadi Ke-77 TNI AL

Spread the love

Jurnalline.com, AAL, Surabaya – Dalam rangka peringati hari jadi ke-77 TNI AL Tahun 2022, Akademi Angkatan Laut (AAL) melaksanakan upacara militer yang dipimpin Direktur Personel (Dirpers) AAL Kolonel Laut (E) Prasetyo Triyudanto mewakili Gubernur AAL Laksda TNI Denih Hendrata, yang dilangsungkan di lapangan Aru, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Senin, (12/9).

Pada upacara militer kali ini pasukan upacara terdiri dari satu unit Korsik AAL, satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) Perwira Pertama, satu SSK Bintara, satu SSK Tamtama dan satu SSK PNS AAL serta deputasi Perwira Menengah dan Pejabat Utama (PJU) AAL sedangkan sebagai Komandan Upacara yaitu Mayor Laut (T) Saidin.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dalam amanatnya yang dibacakan oleh Inspektur Upacara menyampaikan, bahwa sejarah pengabdian TNI Angkatan Laut pada negara Kesatuan Republik Indonesia telah terukir dengan tinta emas sejak lahirnya bangsa Indonesia, 77 tahun silam dan selama itu pula, TNI Angkatan Laut selalu hadir dalam upaya menjaga kedaulatan dalam mempertahankan keutuhan bangsa dan negara sebagai jaminan keselamatan dan kelangsungan hidup Bangsa Indonesia.

Sebagai negara maritim, laut selalu dan selamanya akan menjadi urat nadi kehidupan dan kelangsungan hidup bangsa ini tidak akan pernah lepas dari bagaimana cara kita memandang lautan nusantara sebagai sumber kehidupan dan cara untuk bertahan hidup.

Kasal juga mengingatkan bahwa Pelaut yang tangguh, bukanlah Pelaut yang tidak pernah mabuk laut bila menghadapi badai dan gelombang. Namun Pelaut yang bila mabuk laut ia tetap berdiri tegak memegang kemudi membentangkan layar menghadapi badai yang menghadang.

“Pulihlah Indonesiaku, Bangkitlah Lebih Kuat, Jayalah Selalu TNI Angkatan Laut”, pungkas Kasal.

Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan pemberian tali asih kepada prajurit AAL yang telah purna tugas dan saat ini tergabung dalam Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Laut (PPAL) dan pemotongan tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmat yang telah dianugerahkan yang dilaksanakan di Gedung VIP Yos Sudarso.

Sementara itu, Taruna AAL juga melaksanakan upacara HUT ke-77 TNI AL Tahun 2022 didua tempat sekaligus. Untuk Taruna Tingkat IV dan II melaksanakan upacara militer yang dipusatkan di dermaga Pondok Dayung Koarmada I dengan Inspektur Upacara, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yang juga disiarkan secara live streaming. Sedangkan Taruna Tingkat III yang sedang melaksanakan Lattek Kartika Jala Krida (KJK) melaksanakan upacara di Roundhouse deck KRI Bimasuci sekaligus upacara hari jadi KRI Bima Suci yang ke-5.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.