Pemdes Tumaratas Siap Action Laksanakan Program Pembangunan2023

Spread the love

Jurnalline.com, MINAHASA —
Setelah resmi penggunaan Dana desa tahun 2023 dilaunching langsung oleh Bupati Minahasa Dr Ir Royke Roring M.Si pekan lalu, Pemerintah desa Tumaratas siap merealisasikan setiap program pembangunan didesanya sesuai musrembangdesa yang menjadi skala prioritas untuk dilaksanakan di tahun anggaran2023 ini.

Diketahui dari pagu anggaran Dana Desa (DD) ditahun2023 Desa Tumaratas adalah berjumlah 725juta untuk DD dan 300juta untuk ADD. Dengan dana transfer berjumlah Rp1Miliar rupiah Rp100juta rupiah sekian.

Adapun dari beberapa kegiatan yang nanti dilaksanakan diantaranya lanjutan pekerjaan fisik pembangunan desa di tahap 1 yakni pekerjaan paving sepanjang 90meter dengan lebar 5meter sementara untuk program ketahanan pangan, fokus pada pekerjaan diarea wisata sekaligus diarea pertanian masyarakat sepanjang 120meter dengan lebar 4meter.

“Selain pada program fisik lain untuk Penyaluran BLT – DD sendiri telah diakomodir sekitar 21 Keluarga Penerima Manfaat Dana desa (21KPM BLT Desa).” Tukasnya

Dirinya juga menyampaikan nanti juga pemerintah desa Tumaratas juga akan menyediakan bibit ikan mas untuk dikelola oleh kelompok tani.” Ujar Kumtua Djendrie melalui Sekdes Sammy Manorek kepada awak media Sabtu (25/3/2023).

Salah satu upaya Pemerintah desa Tumaratas mendukung program RRRD mewujudkan masyarakat Minahasa maju, berbudaya berdaulat adil dan Sejahterah beberapa kegiatan juga siap dilaksanakan diantaranya memaksimalkan BUMDesa , peningkatan Pariwisata dan pemanfaatan Air bersih kepada masyarakat.

“Dalam memaksimalkan akan potensi wisata didesa Tumaratas kecamatan Langowan Barat, meski baru sebatas swadaya pemdes berusaha terus meningkatkan setiap program yang ada termasuk mempromosikan pariwisata yang ada didesanya tersebut.” Tandasnya

Sebelumnya Desa Tumaratas kecamatan Langowan Barat adalah satu desa yang mengikuti kegiatan Launching BLT Desa, serta program Ekosistem Desa yang langsung diserahkan Bupati ROR.

Dikatakan Bupati ROR melalui kegiatan ini, masyarakat akan semakin terdorong bersama sama membangun desa.
“Menjadi harapan Bupati ROR sebagai ujung tombak pembangunan dimana tujuan utama adalah peningkatan ekonomi masyarakat dalam mewujudkan Minahasa maju dan sejahtera ini dapat tercapai.”

Menjadi suatu kewajiban masyarakat dalam mendukung program desa, sehingga akan dapat memberikan kemajuan ditengah masyarakat. “Kami sangat mengapresiasi kepada pemerintah desa yang telah menyelesaikan program kegiatan pembangunan fisik dan non-fisik tahun anggaran 2022 dimana hasil-hasil pembangunan yang telah direalisasikan melalui dana APBDes, akan memberikan manfaat maksimal dalam peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa,”tandas sosok Bupati ROR yang dikagumi masyarakat Minahasa ini

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.