Ny. Ida Budi Gunadi Sadikin,
Imunisasi HPV Mencegah Sejak dini Kanker Serviks

Spread the love

Jurnalline.com, MINAHASA —
Penasehat Darmawanita Persatuan Kementrian Kesehatan (Kemenkes – RI) Ny. Ida Budi Gunadi Sadikin, saat menghadiri Pencanangan Nasional Imunisasi Human Papilloma Virus ( HPV ) yang di gelar di SD Negri 8 Tondano, Kelurahan Wawalintowan, Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara pada Rabu (09/08/2023) Pukul 09.23 Wita menyampaikan pentingnya Pencanangan Nasional Imunisasi Human Papilloma Virus ( HPV ) dilaksanakan.

Seperti yang disampaikan oleh
Dirjen P2P Kemenkes RI dr Maxi Rein Rondonuwu, MARS yang menyebut, setiap tahun di Indonesia ada sekira 40 ribu lebih kasus kanker serviks, dimana 20 ribu diantaranya meninggal karena terlambat penanganan karena itu, imunisasi HPV ini sangat penting untuk masa depan anak-anak kita, terutama anak-anak putri untuk memproteksi dari kanker leher rahim,” sebutnya.

Lanjut Ny.Ida bahwa Imunisasi atau vaksin HPV ini, tidak sama sekali berpengaruh pada kehamilan perempuan.

“Jangan ada hoax nanti yang menyebut vaksin HPV bisa membuat tidak perempuan susah hamil. Jadi vaksin HPV ini aman. Dan sangat baik, dilakukan pemberian vaksin sejak sekrang untuk mencegah serviks,” ungkapnya

Deteksi awal dan imunisasi HPV ini adalah yang paling murah. Karena jika sudah dapat kanker serviks, kemoterapi dan pengobatan lainnya akan sangat mahal. “Jadi sebaiknya kita antisipasi dan lakukan pencegahan sejak dini dengan melakukan Vaksinasi terutama bagi perempuan sejak usia kelas V dan VI SD.” tandas dia.

Pelaksanaan Pencanangan Nasional Imunisasi HPV ditandai dengan Pemukulan Tetengkoren oleh Penasehat DWP Kemenkes  Ny. Ida Budi Gunadi Sadikin, Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene, SE, Direktur Imunisasi Kemenkes RI dr. Prima Yosephine Berliana Tumiur Hutapea, MKM, Direktur Jenderal P2P Kemenkes RI Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS, Kadis Kesehatan Sulut dr. Debie K.R. Kalalo, MSc.PH, Kakanwil Kemenag Sulut H. Sarbin Sehe, S.Ag, M.Pd.I, Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si, IPU., ASEAN.Eng, dan Wakil Bupati Minahasa Dr (HC) Robby Dondokambey S.Si.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.