Sempat Diskor 2 Kali, Rapat Paripurna V DPRD Ogan Ilir Tetap Berlangsung

Spread the love

Jurnalline.com,Ogan Ilir (Sumsel) Lebih kurang Dua jam molor,namun Paripurna V DPRD Kabupaten Ogan Ilir Tahun Sidang 2024 tetap lanjut meskipun dihadiri belasan Anggota DPRD dari 40 Anggota DPRD Kabupaten Ogan Ilir yang ada.

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Suharto ini sempat diskor sebanyak dua kali. Pertama diskor 10 menit karena dihadiri 14 Anggota DPRD, kedua kembali diskor 10 menit karena dihadiri 15 anggota DPRD,Selasa (2/4).

Rapat paripurna ini dalam rangka Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Ogan ilir terhadap Nota Pengantar Bupati Ogan Ilir tentang LKPJ Bupati Ogan ilir Tahun Anggaran 2023.

Pimpinan sidang Ketua DPRD melempar kepada Fraksi-fraksi yang hadir apakah rapat paripurna V DPRD ini tetap dilanjutkan, dengan hanya dihadiri 15 anggota DPRD.

Fraksi PDI Perjuangan dengan juru bicara Amir Hamzah meminta agar rapat paripurna dilanjutkan tanpa membacakan pandangan fraksi. “Ini sudah tata tertib pasal 110,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan fraksi lainnya seperti Golkar, PPP, Nasdem, PAN, dan Bergerak. “Catatan, mohon Ketua BK agak tegas dikit untuk mendisiplinkan anggota dewan ini,” Jelas Ustadz Husnul Anam, dari fraksi Bergerak.

Sekedar informasi, rapat paripurna ini sudah diundur satu pekan, karena hanya dihadiri 9 anggota DPRD, dan hari ini sempat molor lebih kurang 2 jam dan dilanjutkan dengan hanya dihadiri 15 anggota DPRD, 1 izin, dan 24 tanpa keterangan.

Seperti yang diberitakan di media sebelumnya rapat Paripurna V DPRD Kabupaten Ogan Ilir hanya dihadiri 9 anggota DPRD meskipun Ketua DPRD Suharto dan Wakil Bupati atau Wabup Ardani Dibuat menunggu selama lebih kurang 3 jam.

Akibat hanya beberapa persen anggota DPRD yang hadir, dari 40 anggota DPRD Kabupaten Ogan Ilir yang ada, hanya 9 anggota DPRD Ogan Ilir yang hadir, sehingga rapat paripurna gagal digelar, Senin 25 Maret 2024 lalu.

Rapat Paripurna V DPRD Ogan Ilir Tahun Sidang 2024 ini dalam rangka penyampaian pandangan umum Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Ogan Ilir terhadap Nota Pengantar Bupati Ogan Ilir Tentang LKPJ Bupati Ogan Ilir.

Berbeda dibandingkan rapat paripurna sebelumnya, meskipun diskor beberapa menit sebanyak dua kali, dari 40 anggota DPRD yang ada, hanya 18 yang hadir dan paripurna tetap berjalan.

“Kami bersama Wakil Bupati dari jam 10 sudah standby, sampai jam 12.15 menit langsung kami hadir di paripurna dan ternyata anggota DPRD Ogan Ilir hadir 9 Orang masih ditunggukan 31 orang,” tutur Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Suharto HS.

Tampak memberikan skor berulang-ulang seperti paripurna sebelumnya, kali ini Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir langsung memberikan skor selama 8 hari atau Satu minggu.

“Maka tadi rapat saya buka dan saya skor sampai hari Selasa, tanggal 2 April 2024 untuk penyampaian pandangan fraksi-fraksinya,” Jelas Suharto.

“Artinya kalau mau korum tinggal 3 orang lagi. Maka kita tawarkan dengan seluruh fraksi dan anggota apakah paripurna kita lanjutkan, dan akhirnya dilanjut,” katanya.

“Berdasarkan tata tertib seandainya seluruh fraksi untuk melanjutkan rapat paripurna itu, maka rapat itu bisa dilanjutkan,” terangnya.

Ini katanya berbeda dengan paripurna kali ini, dari 40 anggota DPRD Kabupaten Ogan Ilir hanya hadir 9 orang dan tidak hadir 31 orang. “Maka tidak lagi saya skor beberapa menit beberapa menit, langsung saya skor tunda Minggu depan,” tegasnya.

Ditambahkannya, bahwa aturan pada hari Selasa 02 April 2024 itulah nanti adalah jadwal Jawaban Bupati terhadap tanggapan fraksi-fraksi.

“Alasan satu pekan diundur ini inisiatif kita biar anggota DPRD yang lain siap hadir,”pungkasnya.

Menanggapi di skor rapat paripurna ini hingga Minggu depan, Wakil Bupati H Ardani tidak menyoalkannya dan mengaku memakluminya.

“Kita maklum melihat yang hadir hari ini 9 anggota DPRD. Ya kita maklum ini diskor. Jadi diskor 8 hari sampai Selasa depan,” singkatnya sembari berlalu. (Sy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.