Donor Darah Atasi Kekurangan Darah di RSPAD

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Prajurit Yonkav 1/Badak Ceta Cakti Divif 1 Kostrad melaksanakan donor darah di Aula Soesilo Sudarman Mayonkav 1 Kostrad Cijantung, Jakarta Timur. Jum’at (28/06/2024).

Danyonkav 1 Kostrad Letkol Kav Sidik Pramono S.Sos.,M.M.Han., mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini bertujuan untuk membantu memenuhi keterbatasan darah di Unit Transfusi Darah RSPAD Gatot Subroto, kegiatan donor darah secara rutin akan menjadi kunci dalam menjaga ketersediaan darah untuk kepentingan pasien yang membutuhkan. “Setetes darah yang kita sumbangkan, sangat berarti bagi orang yang membutuhkan untuk kelangsungan hidupnya”, ucap Letkol Sidik.

“Kegiatan donor darah juga akan menyegarkan sel-sel darah kita, sehingga siklus peredaran darah yang terbarukan akan menyehatkan tubuh kita”, tutup Letkol Sidik.

Sebelum mendonorkan darah, pendonor akan menjalani beberapa tahap pemeriksaan medis guna memastikan kesesuaian dan kelayakan sebagai pendonor. Beberapa kriteria pemeriksaan meliputi kondisi tensi darah yang harus normal, kadar hemoglobin (Hb) berkisar antara 12,5 hingga 17, serta bebas dari kondisi demam dan penyakit bawaan atau komorbid. Langkah pemeriksaan ini diambil untuk memastikan bahwa darah yang disumbangkan aman dan tidak membahayakan penerima.

Drie

(Penkostrad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.