Gebyar Panen Raya oleh Menteri Pertanian RI dan TNI AL,Lantamal XII Panen Ikan Nila

Spread the love

Jurnalline.com, Mempawah – TNI AL-Dalam rangka semarakkan panen raya oleh Menteri Pertanian dan Wakasal secara vicon, Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Avianto Rooswirawan bersama Ketua Korcab XII DJA I Ny. Sari Avianto, Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalbar, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pontianak panen Ikan Nila dan penebaran bibit ikan di Kolam Ikan Ketahanan Pangan Potensi Maritim Lantamal XII. Jl. Wajok Hilir km. 17 Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat, Rabu (10/07/2024).

Menteri Pertanian Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. menyebutkan program akselerasi pangan yang dijalankan TNI AL merupakan salah satu langkah mitigasi resiko guna mengantisipasi kekurangan pangan yang dialami dunia saat ini akibat iklim ekstrim.

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldhedarma mengatakan sinergi dengan Kementan merupakan salah satu bentuk komitmen TNI AL yang tidak hanya menegakan kedaulatan dan keamanan negara, tapi juga guna meningkatkan ketahanan pangan yang menjadi program utama pemerintah saat ini dan mendatang.

Sementara itu, Danlantamal XII menyampaikan dalam video conference bahwa Lantamal XII telah membuka kolam seluas lebih kurang 2000 meter persegi dan dalam proses pengerjaan 3000 meter persegi. Saat ini hasil dari kolam tersebut diestimasikan lebih kurang sekitar 600 kg dan telah melaksanakan penyebaran 10.000 bibit ikan nila yang nantinya diharapkan 3-4 bulan ke depan sudah siap panen untuk ketahanan pangan.

Program ketahanan pangan yang bersinergi dengan Kementerian Pertanian ini bertujuan untuk mensukseskan program pemerintah guna menjamin ketersediaan pangan dengan mengaktifkan lahan tidur menjadi lahan produktif serta memberdayakan masyarakat sekitar sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan persediaan pangan di masa mendatang.

Raja

(Dispen Lantamal XII).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.