Gerakan Literasi Satgas Yonif 432 Kostrad di Distrik Yigi, Upaya Membangun Budaya Membaca di Papua Pegunungan

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Gerakan Literasi Prajurit Lintas Udara 432 Kostrad di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan dilaksanakan pada Kamis (11/07/2024).

Gerakan Literasi merupakan sebuah upaya untuk menumbuhkan budi pekerti siswa dengan tujuan agar mereka memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat. Kegiatan ini rutin dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca.

Menurut data BPS (2015), penduduk Indonesia berjumlah 255.461.700 jiwa. Indeks keterbacaan kita hanya 8 judul buku per sejuta jiwa, jauh tertinggal dari Thailand (168) dan Kenya (11). Studi dari UNESCO menunjukkan indeks membaca kita hanya 0,001, artinya dari 1.000 masyarakat Indonesia, hanya 1 orang yang membaca. Hal ini makin diperkuat oleh studi The World’s Most Literate Nations (WMLN) 2016 yang menempatkan Indonesia di urutan ke-60 dari 61 negara.

Gerakan literasi membutuhkan waktu yang relatif lama, namun dampaknya akan terlihat secara perlahan. Menurut E. Aminuddin Aziz, negara-negara maju seperti Finlandia, Inggris, Amerika Serikat, Tiongkok, dan Singapura baru melihat hasil investasi program literasi mereka setelah lebih dari 10 tahun perbaikan berkelanjutan. Hal ini juga terbukti dalam penelitian David McClelland mengenai perbandingan kemajuan Spanyol dan Inggris pada abad ke-16.

Diharapkan, dengan adanya Gerakan Literasi di Distrik Yigi, pendidikan literasi di daerah ini dapat terwujud dengan baik sesuai harapan pemerintah, sehingga budaya membaca dan menulis bisa semakin berkembang di Papua Pegunungan.

Raja

(Penkostrad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.