Kodiklatal Siap Mencetak Prajurit Berkarakter dan Profesional Dengan Transformasi Pola Pendidikan

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, – Pembukaan Workshop Transformasi Pola Pendidikan Pertama Bintara dan Tamtama di Kodiklatal menuju Pola Pendidikan Vokasional, secara resmi di buka oleh Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono yang mewakili Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, bertempat di JOPR Gedung Soedomo Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Selasa (02/07/2024).

Adapun kegiatan Workshop yang di ikuti 52 peserta ini dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 2 sampai dengan 4 Juli 2024, dengan menghadirkan narasumber Pabandya Dukjar Spaban II Opsdik Ditdik Sesko TNI Letkol Arh Kusnadi.

Dalam amanat Dankodiklatal yang dibacakan Wadan Kodiklatal menyampaikan bahwa, kegiatan Workshop ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada para peserta dalam hal penyusunan kurikulum pendidikan dari jam pelajaran menjadi Satuan Kredit Semester (SKS), penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), penyusunan Instrumen Penilaian Sikap, penyusunan Rencana Pemberian Tugas, penyusunan Rencana Evaluasi dan pembuatan laporan selesai mengajar.

“Kodiklatal, dituntut mampu mencetak prajurit yang berkarakter dan profesional sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, pendidikan yang bermutu harus memiliki sistem yang efektif dan efisien yang bisa mendukung proses pembelajaran agar menghasilkan lulusan terbaik siap bekerja sesuai dengan penempatan dan Penugasan”, tegasnya.

Dengan demikian, hasil yang diharapkan dari Workshop ini adalah tersusunnya perubahan kurikulum pendidikan dari jam pelajaran menjadi SKS dan tersusunnya perangkat pembelajaran pada seluruh sekolah yang melaksanakan Program Pendidikan Pertama Bintara dan Tamtama di lingkungan Kodiklatal, serta sebagai langkah awal dalam menyiapkan pendirian Program Pendidikan Pertama di Kodiklatal yang setara dengan Diploma 1 untuk Dikmata, Diploma 2 untuk Dikmaba serta Program Diploma 3 untuk Diktukpa.

Kegiatan Workshop yang berlangsung secara tatap muka turut dihadiri Kadisdikal Laksma TNI Dodi Agus P., Ir Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Ahmad Fajar, Kapokgadik Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Sarjito, para Direktur, Dankodik, dan Staf Pusdik di jajaran Kodiklatal maupun Satdik – 4. Sedangkan secara Vicon diikuti oleh Pusdikhidros dan Satdik-1,2,3.

Drie

Dinas Penerangan Kodiklatal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.