Korps Marinir TNI AL Bersama Tiga Negara Hadapi Musuh Dalam Pertempuran Kota Di Hawaii

Spread the love

Jalesveva Jayamahe

Jurnalline.com, Jakarta, – Korps Marinir TNI AL yang tergabung dalam Latihan Bersama (Latma) Multilateral Rim of The Pacific (Rimpac) 2024, melaksanakan latihan bersama pada tahap Force Integration Training (FIT) Phase, berkolaborasi dengan tiga negara diantaranya dari tuan rumah US Marines, Chile, dan Sri Lanka berhasil merebut dan menguasai Kota kecil yang berada di Marines Corps Training Area Bellows_ (MCTAB) Amerika Serikat, Sabtu (14/07).

FIT Phase of Rimpac 2024 merupakan tahap lanjutan dimana sebelumnya telah dilaksanakan latihan pada tahap Harbour Phase, dimana pada tahap latihan ini mengintegrasikan antara pasukan Marinir dan unsur udara yang dirangkai dari tahap Tactical Floor Game (TFG), Assault Support atau Mobile Udara (Mobud) dan diselesaikan dengan Military Operations on Urban Terrain (MOUT).

Tahap ini merupakan latihan lanjutan sebelum masuk ke tahap akhir yaitu tahap Tactical Phase yang merupakan puncak latihan dari Latma Multilateral Rimpac 2024.

Komandan Unsur Tugas (Dan UT) Korps Marinir Mayor Mar Lukman Susanto menyampaikan bahwa Latihan gabungan ini dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut yang bertujuan membangun hubungan kerja sama multilateral guna meningkatkan Interoperabilitas dan kemahiran serta melakukan pertukaran pengetahuan dalam hal taktik, strategi, persenjataan serta Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) tiap negara peserta guna memperkuat komitmen bersama, juga berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pacific.

Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan implementasi dari Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yang menekankan bahwa setiap Prajurit Jalasena Samudera harus selalu berlatih dengan sigap serta mewujudkan peran diplomasi di kancah internasional.

Raja

Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.