Kostrad Gelar Peringatan Tahun Baru Islam 1446 H

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Dalam rangka meningkatkan dan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wata‘ala, Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa bersama prajurit dan PNS Markas Kostrad yang beragama Islam memperingati tahun baru islam 1446H/2024 M, bertempat di Masjid Asy-Syuhada, Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat. Rabu (17/7/2024).

Tema peringatan Tahun Baru Islam kali ini yakni “Jadikan Semangat Muharam Untuk Perubahan Yang Lebih Baik Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung makna mengajak kita semua untuk mempertegas komitmen kita dalam membangun bangsa dan menciptakan masa depan yang gemilang bagi Indonesia, yang kita harapkan menjadi Indonesia Emas pada tahun 2045 mendatang.

Dalam sambutannya, Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menyampaikan selaku Panglima Kostrad dan pribadi, saya menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah kepada seluruh anggota Kostrad yang beragama Islam dan terima kasih kepada Bapak KH. Zainuddin Musaddad, MA., yang telah berkenan hadir untuk menyampaikan hikmah Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah kepada warga Makostrad.

“Perlu diketahui, peringatan Tahun Baru Hijriyah yang kita laksanakan bukan sekedar kegiatan seremonial belaka, tetapi lebih dari itu yakni sebagai wujud dari ungkapan rasa syukur, keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT sebagai prajurit dan PNS beserta keluarga di lingkungan Makostrad,” kata Pangkostrad.

“Penetapan Tahun Baru Islam telah ditetapkan pada masa Khalifah Umar Bin Khattab, beliau berpendapat dan menilai bahwa peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW adalah peristiwa yang teramat penting dimana Nabi Muhammad SAW terhindar dari ancaman maut, selamat dari penindasan musyrikin Makkah serta merupakan pemisahan periode Makkah dengan periode Madinah. Dengan demikian, maka peristiwa hijrah Nabi inilah ditetapkan sebagai perhitungan tahun bagi umat Islam,” tambah Pangkostrad.

“Oleh karena itu, maka melalui peringatan Tahun Baru Hijriyah ini saya mengajak kepada kita sekalian agar selalu memantapkan keyakinan terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa hijrah yang dilaksanakan oleh Nabi Muhammad SAW, sehingga kita dapat mengevaluasi segala amal perbuatan yang telah kita lakukan sepanjang tahun 1445 Hijriyah,” pungkas Pangkostrad.

Sementara itu, Bapak KH. Zainuddin Musaddad, MA., dalam tausiyahnya menyampaikan, bahwa pada kesempatan yang penuh keberkahan ini, mari kita semua untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah subhanahu wata’ala, dengan senantiasa berupaya melakukan semua kewajiban dan meninggalkan semua larangannya.

“Peringatan Tahun Baru Islam merupakan suatu momentum yang tepat untuk melakukan introspeksi diri terhadap amal perbuatan yang kita lakukan selama setahun yang lalu, introspeksi atau mawas diri merupakan bagian yang sangat penting dalam upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT, sebagai landasan moral dalam pelaksanaan tugas dan pengabdian kepada Bangsa dan Negara,” kata Bapak KH. Zainuddin Musaddad, MA.

Lebih lanjut Bapak KH. Zainuddin Musaddad, MA., mengajak dan menghimbau kepada kita semua agar dapat mengambil hikmah dari peringatan tahun baru islam 1446 H/2024 M kali ini, yaitu pemantapan disiplin pribadi, mampu untuk selalu mengendalikan diri dan peningkatan kualitas keimanan serta ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Diakhir kegiatan, Pangkostrad didampingi Bapak KH. Zainuddin Musaddad, MA., bersama para pejabat Utama Kostrad berkesempatan memberikan santunan kepada anak-anak yatim.

Hadir dalam kegiatan ini Kaskostrad, Irkostrad, Wair Kostrad, Kapoksahli Pangkostrad, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad, Para Pamen Ahli, para Waas/Irut Itkostrad, LO TNI AL Kostrad, para Dan/Ka Sat/Balak Kostrad, Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad beserta Pengurus, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Makostrad.

Raja

(Penkostrad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.