Prajurit Wing Udara 3 Ikuti Pelatihan Evakuasi SAR Basarnas

Spread the love

Jurnalline.com, TNl AL-Dispen Puspenerbal –
Guna meningkatkan kemampuan dan profesionalitas dibidang SAR, Dua personel Wing Udara 3 Puspenerbal Biak mengikuti pelatihan Evakuasi SAR bersama Basarnas Kabupaten Biak yang akan berlangsung selama 11 hari mulai 9-19 Juli 2024 mendatang yang digelar di Hotel Asana Biak, Papua.

Hal tersebut diungkapkan Komandan Wing Udara 3 Puspenerbal Biak, Kolonel Laut (P) ahmad Noval Harjuman di Mako Wing Udara 3 Biak, Senin (15/7/2924).

Pelatihan SAR yang diikuti 50 peserta dari berbagai unsur potensi SAR seperti TNI, POLRI, BPBD Biak, SATPOL PP Biak serta relawan dan organisasi terkait ini, di kukuhkan dan dibuka di Ballroom Hotel Asana Biak pada selasa (9/7) lalu.

Adapun materi yang diberikan pada pelatihan evakuasi ini adalah prosedur pemberian pertolongan pertama pada korban tenggelam dan praktik CPR dan cara mengetahui denyut jantung korban, dan juga praktek lapangan berupa evakuasi terhadap korban di dalam jurang yang menggunakan metode rapling.

“Tentu dalam kegiatan pelatihan SAR ini didukung dengan alat dan perlengkapan keselamatan sesuai standar dan juga adanya ketersediaan medis selama pelatihan berlangsung,” terang Dan wing Udara 3.

Dengan adanya personel Wing Udara 3 yang mengikuti pelatihan ini lanjutnya, diharapkan ilmu SAR yang diperoleh dalam pelatihan tersebut, dapat dibagikan kepada rekan-rekan prajurit Wing Udara 3 lainnya, agar seluruh prajurit memiliki ilmu dasar evakuasi medis baik dalam pertolongan dan penanganan suatu kecelakaan.

Raja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.