Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Dharma Patria Jaya, Bentuk Penghormatan Jasa Para Pahlawan Jelang HUT Ke-79 Kemerdekaan RI

Spread the love

Jurnalline.com, Kubu Raya, TNI AL, Lantamal XII – Prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Jumat (16/08/2024).

Dipimpin oleh Pj. Gubernur Kalimantan Barat dr. Harrison, M.Kes. bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalbar, AKRS bertujuan untuk memberikan penghormatan serta mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur demi menjaga kedaulatan NKRI yang dilaksanakan dini hari sebelum menyambut Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024.

Bertindak sebagai Komandan Upacara (Danup), Komandan Yonmarhanlan XII Mayor Marinir Agus Mutaqim diikuti Pasukan yang terdiri dari Pimpinan Instansi Vertikal, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Kalbar, serta jajaran TNI-POLRI dan unsur lainnya mengikuti upacara dengan khidmat ditandai dengan menyalakan api obor, doa bersama dan mengheningkan cipta.

Pj. Gubernur Kalbar dalam AKRS menyampaikan, “kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa.”

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya,” lanjutnya.

Ratu

(Dispen Lantamal XII)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.