Apel PasOps Mantap Praja Samrat2024 Bersama Torang Jaga Sulut Aman Selama Pesta Demokrasi

Spread the love

Jurnalline.com, Tondano (Minahasa) — Berlangsung di Lapangan Apel Tantya Sudhirajti Polres Minahasa dengan mengusung tema “Bersama Torang Jaga Sulut Tetap Aman Selama Pesta Demokrasi.” Senin (26/08/2024) pukul 09.00wita dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Samrat 2024 dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak tahun 2024.

Apel tersebut dipimpin Kapolres Minahasa AKBP S. SOPHIAN, S.I.K., M.H., dihadiri pejabat dan tokoh penting di wilayah Minahasa, antara lain Dandim 1302 Minahasa LETKOL INF MUTAKBIR, Kaban Kesbangpol Kab. Minahasa Ir. JANI MONIUNG, Ketua KPU Kab. Minahasa RENDY SUAWAH, S.Si, Anggota Bawaslu Kab. Minahasa DONNY LUMINGAS, SE, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Minahasa Pdt. DOLIE TANGIAN, S.Th, M.PdK, Kasi Pidum Kejari Minahasa DEBBY KENAP, SH, MH, Sekretaris Dinas Damkar Kab. Minahasa MARSHAL SUMAMPOUW, SH, dan Ketua MUI Kab. Minahasa HABIB HUSEN ASEGAF.

Dalam sambutannya, Kapolres Minahasa AKBP S. SOPHIAN, S.I.K., M.H. menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah hadir dan berpartisipasi dalam giat apel ini.

Tujuan kegiatan ini adalah kesiapan dan kerjasama semua pihak untuk menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, khususnya di wilayah kabupaten Minahasa prov. Sulawesi Utara.

“Pilkada adalah penanda utama demokrasi, dan keamanan serta kelancaran prosesnya adalah tanggung jawab kita bersama,” ujar Kapolres

Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa Pilkada tahun 2024 memiliki kompleksitas dan kerawanan tersendiri, mengingat pemilihan akan berlangsung serentak di 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota.

Diwilayah Kab.Minahasa, terdapat sekitar 1.957.278 pemilih dengan 4.410 TPS yang tersebar di seluruh wilayah, khususnya di Kabupaten Minahasa total jumlah pemilih sementara 255.756 yang tersebar di 577 TPS.

“Oleh karena itu, diperlukan upaya mitigasi yang melibatkan penguatan koordinasi antar lembaga, pemantauan yang terus-menerus, serta sosialisasi dan pendidikan politik yang intensif kepada masyarakat.” Jelasnya

Kapolres Sophian juga menyoroti potensi kerawanan yang dapat muncul selama proses Pilkada, seperti penggunaan politik identitas, penyebaran isu yang dapat memecah belah persatuan, serta hoaks dan ujaran kebencian yang dapat memicu konflik sosial.

“Untuk mengatasi hal tersebut, telah disiapkan sejumlah langkah mitigasi, termasuk penguatan koordinasi antar lembaga, deteksi dini, serta penegakan hukum yang tegas dan profesional.” Terangnya

Adapun Apel ini juga menampilkan sejumlah pasukan yang terlibat, termasuk 3 peleton Kodim 1302 Minahasa, 1 regu Samapta Polres Minahasa, 1 regu Sat Lantas Polres Minahasa, regu gabungan dari Intel dan Reskrim, serta pasukan dari PLN Ranting Tondano, Dishub Kab. Minahasa, Sat Pol PP Kab. Minahasa, Damkar dan Ormas BMI Kab. Minahasa.

Dengan semangat kebersamaan, seluruh elemen yang terlibat dalam Operasi Mantap Praja Samrat 2024 berkomitmen untuk bekerja keras guna menjamin Pilkada Serentak 2024 di Sulawesi Utara dapat berlangsung dengan aman, lancar, dan damai.

“Bersama Torang Jaga Sulut Tetap Aman Selama Pesta Demokrasi,” pungkas Kapolres Sophian dengan optimisme tinggi. (EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.