Bentuk Kepedulian Di Wilayah Timur, TNI AL Gelar Bakti Sosial Dan Kesehatan Di Papua

Spread the love

Jalesveva Jayamahe,

Jurnalline.com, Jakarta, – Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat di wilayah timur Indonesia, TNI AL menggelar kegiatan Bakti Sosial dan Kesehatan yang dihadiri langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali di Distrik Kota Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Rabu (07/08).

Kedatangan rombongan di Distrik Kota Wasai disambut langsung oleh Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati S.E. dan Forkopimda setempat. Kasal dan rombongan selanjutnya disambut oleh Tarian adat Papua sebelum melaksanakan peninjauan ke lokasi Bakti Sosial dan Kesehatan TNI AL di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC).

Setibanya di lokasi kegiatan, Kasal berkesempatan meninjau langsung pelaksanaan kegiatan Bakti Kesehatan yang memberikan pelayanan pengobatan gratis bagi masyarakat dengan target sebanyak 200 orang masyarakat dan kegiatan Bakti Sosial pembagian 400 paket sembako sebagai bentuk kepedulian TNI AL terhadap warga sekitar.

Tidak hanya itu, TNI AL dalam hal ini Lantamal XIV Sorong juga memberikan kegiatan penyuluhan kepada 100 nelayan setempat mengenai hukum laut yang bertujuan untuk memberikan pemahaman penting mengenai hukum maritim, bagaimana upaya menjaga kesehatan bagi para masyarakat nelayan dan pemahaman tentang bahaya judi online.

Kasal menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat di wilayah Raja Ampat.

“Keberhasilan kegiatan ini juga merupakan wujud dari sinergitas antara TNI AL dengan Pemda Ampat dan juga beberapa kedinasan seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan, Dinas Sosial, UMKM dan dinas lainnya untuk membantu mensejahterakan masyarakat di wilayah Raja Ampat ini”, jelas Kasal.

Kasal dan rombongan juga meninjau stand UMKM kerajinan etnik Papua dan produksi makanan ringan yang menjadi binaan Primkopal Lantamal XIV Sorong. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan dukungan nyata terhadap perkembangan UMKM lokal dan sekaligus melihat hasil kerja para pelaku usaha di lapangan secara langsung.

Usai peninjauan, Kasal didampingi Ketua Umum Jalasenastri serta rombongan menyempatkan untuk makan siang bersama yang bergizi “Gemar Makan Ikan” bersama dengan 1.000 pelajar dan masyarakat Papua.

“Diharapkan kegiatan ini akan menjadi contoh untuk satuan-satuan TNI AL lainnya di seluruh Indonesia, dimana hampir seluruh Lantamal memiliki keramba ikan dan seperti yang kita ketahui sendiri bahwa ikan merupakan sumber gizi dan protein yang tinggi, sehingga ikan sangat cocok untuk para pelajar Indonesia untuk menjadi anak yang cerdas”, tegas Kasal.

Kasal juga menyampaikan bahwa program makan bergizi bersama dengan pelajar serta masyarakat Papua ini sejalan dengan program yang dicanangkan oleh Presiden RI terpilih periode 2024-2029 Bapak Prabowo Subianto tentang pemberian makan sehat dan bergizi gratis kepada pelajar.

Sembari menikmati hidangan dengan penuh keakraban, para undangan juga disuguhkan dengan dengan pertunjukan kemampuan dan ketangkasan prajurit TNI AL, mulai dari demonstrasi ketangkasan militer dari Satdik 3 Sorong dan panggung hiburan rakyat.

Ratu

Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.