Dengan Penuh Bangga, Kolinlamil Sambut Kedatangan KRI Bima Suci

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta — Dermaga Mako Kolinlamil pagi ini terasa berbeda, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(j) M.A., M.M.S., CHRMP bersama Pejabat Utama Kolinlamil dan undangan bersiap-siap menyambut kedatangan KRI Bima Suci yang kembali berlayar untuk melaksanakan misi diplomasi dan muhibah duta bangsa dalam sebuah kegiatan kunjungan ASEAN-Plus Cadet Sail (APCS) tahun 2024 yang berlangsung selama 90 hari, dimulai dari tanggal 1 Agustus s.d. 30 Oktober 2024, dalam rangka mendukung Latihan Praktek (Lattek) Pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-71 Tahun 2024, Sabtu (3/8).

Kedatangan KRI Bima Suci yang dikomandani Letkol Laut (P) Hastaria Dwi Prakoso, S.E., M.Sc. ini, disambut dengan jajar kehormatan dan merplug dari prajurit Kolinlamil. Terlihat para taruna dan taruni dari tiap tiap perwakilan negara dengan gagahnya melaksanakan parade roll sebagai bentuk ucapan selamat datang atas penyambutan yang diberikan kepada KRI Bima Suci yang hendak sandar di Dermaga Kolinlamil. KRI Bima Suci memulai pelayarannya dengan rute dari Surabaya menuju Jakarta kemudian melanjutkan pelayarannya menuju Singapura, Sihanoukville (Kamboja), Hai Phong (Vietnam), Shanghai (China), Busan (Korea), Vladivostok (Russia), Yokosuka (Jepang), Manila (Filipina), Balikpapan, dan kembali ke Surabaya, dengan jumah layar selama 57 hari dan 33 hari sandar (16 hari dalam negeri, 74 hari luar negeri) dengan mengikutsertakan 75 personil taruna dan taruni dengan Perwira Pendamping.

Sebagai informasi, ASEAN-Plus Cadet Sail (APCS) merupakan program usulan TNI AL pada kegiatan 17th ANCM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada calon perwira muda negara-negara ASEAN ditambah negara Non-ASEAN untuk saling berinteraksi dalam rangka Confidence Building antar taruna/cadets Angkatan Laut. Panglima Kolinlamil dalam sebuah kesempatan mengatakan suatu kehormatan dan kebanggan bagi kami dapat menyambut anda di Komando Lintas Laut Militer dalam sebuah acara khusus, “saya berharap kunjungan ini dapat memberikan pengalaman yang bermakna dan memperluas wawasan anda, dalam memahami peran Komando Lintas Laut Militer dalam mendukung strategi nasional dan internasional. Semoga kesempatan ini memperkuat jalinan persahabatan dan hubungan positif kepada masing-masing negara dan memberikan inspirasi dan kontribusi di masa mendatang”, ucap Panglima Kolinlamil dalam sambutannya.

Selama bersandar di Dermaga Kolinlamil, KRI Bima Suci akan dijadikan sarana memperkenalkan TNI Angkatan Laut kepada masyarakat dengan melakukan open ship.

Ratu

(Dispen Kolinlamil)

tni_prima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.