Dinas Kesehatan Malang Lakukan Visitasi Klinik Pratama Yonkes 2 Kostrad

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Untuk memastikan kesiapan dokumen, sarana, dan prasarana sebelum peresmian, Dinas Kesehatan Kabupaten Malang mengunjungi klinik pratama rawat inap Yonkes 2 Kostrad pada Kamis (22/8). Klinik yang berada di bawah naungan satuan Yonkes 2 Kostrad ini menambah jumlah fasilitas layanan kesehatan di Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Klinik Pratama Yonkes 2 Kostrad, yang berbasis Electronic Medical Record (EMR) dan pendaftaran terintegrasi, merupakan satu-satunya klinik di jajaran Divisi Infanteri 2 Kostrad dengan sistem ini. Layanan kesehatan yang tersedia meliputi IGD 24 jam, rawat inap, poli umum, poli KIA, poli Gigi, ambulans, dan lainnya.

Ketua Tim Visitasi Dinkes Kab. Malang dra. Siti Rohani, M.Si., menyatakan bahwa klinik Pratama Yonkes 2 Kostrad adalah klinik pratama yang rencananya akan diadakan penambahan fasilitas salah satunya yaitu fasilitas rawat inap dan Dinas Kesehatan Kab. Malang sangat mendukung tambahan fasilitas layanan kesehatan ini.

Tim Dinas Kesehatan memeriksa kelengkapan dokumen serta sarana dan prasarana di klinik Pratama Yonkes 2 Kostrad.

“Setelah visitasi selesai, kami dari Dinas Kesehatan akan mengeluarkan surat rekomendasi, masuk di aplikasi OSS, dan terbitlah surat izin klinik pratama rawat inap Yonkes 2 Kostrad,” jelas dra. Siti Rohani, M.Si.

Kepala Klinik Pratama Rawat Inap Yonkes 2 Kostrad Letnan Satu Ckm dr. Rangga Haryo Notokusumo mengungkapkan bahwa Klinik Pratama Rawat Inap Yonkes 2 Kostrad merupakan wujud cita – cita Komandan Batalyon Kesehatan 2 Kostrad Letnan Kolonel Ckm dr. Arif Budiman, Sp. B., “Komandan memikirkan akses kesehatan yang mudah dan murah tidak hanya untuk prajurit dan keluarga tetapi juga untuk masyarakat sekitar satuan sehingga dampaknya dapat dirasakan dikalangan masyarakat luas”. Ungkap Letnan Satu Ckm dr. Rangga Haryo N.K.

Sementara itu secara terpisah Komandan Batalyon Kesehatan 2 Kostrad Letnan Kolonel Ckm dr. Arif Budiman, Sp. B., menyampaikan rasa syukur dan bangga atas capaian Klinik Pratama Rawat Inap Yonkes 2 Kostrad. Komandan Batalyon yang juga seorang dokter spesialis bedah itu juga menyampaikan rasa terimakasih atas kerja keras seluruh prajurit sehingga Klinik Pratama Rawat Inap Yonkes 2 Kostrad menjadi Klinik pertama di Jajaran Divisi Infanteri 2 Kostrad yang terdapat fasilitas rawat inap.

“Saya berharap surat izin melalui rekomendasi dari Dinas Kesehatan bisa segera terbit sehingga Klinik Pratama Rawat Inap Yonkes 2 Kostrad dapat segera beroprasi dan dapat dimanfaatkan dengan segera oleh masyarakat luas”. Pungkas Danyonkes 2 Kostrad Letnan Kolonel Ckm dr. Arif Budiman, Sp. B.

Ratu

(Penkostrad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.