Jatuh Bangun Dalam Kemeriahan Lomba HUT Ke-79 RI

Spread the love

Jurnalline.com, PendamXIIIMdk — Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia Tahun 2024, Kodam XIII/Merdeka dengan bangga mengadakan serangkaian lomba yang bertujuan untuk meningkatkan semangat nasionalisme serta mempererat persatuan dengan melibatkan pejabat, prajurit, PNS dan Persit Kodam XIII/Merdeka.

Berbagai jenis cabang lomba dalam memeriahkan peringatan HUT ke-79 RI ini antara lain, tarik tambang, pukul air dalam plastik, makan krupuk, balap karung dan bakiak Jumat, (16/08/2024).

Di awali dengan senam bersama selanjutnya Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya bersama para PJU Kodam mengikuti lomba eksekutif semua jenis perlombaan. “Saat perlombaan dimulai tidak sedikit pejabat Kodam yang harus jatuh bangun dalam malakoni perlombaan yang cukup menguras tenaga dan keringat seperti lomba Tarik tambang dan lomba bakiak.”

Tampak juga dari beberapa pejabat yang kesulitan dalam mengeksekusi jenis lomba seperti pukul air dalam plastik dan makan krupuk dikarenakan aturan yang sangat ketat yang harus diikuti yakni pelaksanaan lomba sambil menutup kedua mata.

Namun dengan semangat pantang menyerah para pejabat tetap melibas satu demi satu tantangan lomba tersebut.

Selanjutnya perlombaan antar staf dan Balak satuan Makodam XIII/Merdeka baik prajurit (putra) maupun Kowad dan ibu-ibu Persit (putri).

“Dengan penuh semangat dan kegigihan yang peserta tunjukkan telah membuktikan kualitas dari perwakilan masing-masing satuan dalam perlombaan tersebut.”

Setelah melewati perjuangan yang panjang dan ketat dengan sportivitas yang tinggi telah keluar sebagai pemenang lomba antara lain, lomba Tarik Tambang (putra) : Juara 1 Pomdam, Juara 2 Jasdam/Denma, Juara 3 Ajendam, (putri) : Juara 1 Pomdam, Juara 2 Ajendam, Juara 3 Zidam.

Lomba Pukul Air Dalam Plastik (putra) : Juara 1 Pomdam, Juara 2 Staf Umum, Juara 3 Denmadam, (putri) : Juara 1 Pendam, Juara 2 Staf Umum, Juara 3 Denmadam.

Lomba Makan Krupuk (putra) : Juara 1 Kumdam, Juara 2 Paldam, Juara 3 Zidam, (putri) : Juara 1 Bintaldam, Juara 2 Zidam, Juara 3 Infolahtadam/Sansidam. Lomba Balap Karung (putra) : Juara 1 Paldam, Juara 2 Bekangdam, Juara 3 Kesdam, (putri) : Juara 1 Pomdam, Juara 2 Bekangdam, Juara 3 Kesdam.

Untuk lomba Bakiak (putra) : Juara 1 Jasdam, Juara 2 Bekangdam, Juara 3 Staf Umum, (putri) : Juara 1 Kudam/Topdam, Juara 2 Kesdam, Juara 3 Bintal/Pendam.

Kegiatan ini tidak hanya sekedar untuk bersenang-senang, tetapi juga sebagai wujud rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diraih dan dipertahankan oleh para pahlawan bangsa.

“Melalui kegiatan ini pula Kodam ingin menampilkan sisi lain dari para pejabat maupun prajurit serta Persitnya, di mana semangat kompetisi yang sehat dan kebersamaan menjadi fokus utama.” Tandasnya

Turut hadir, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, S.E., M.Si., Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Wakhyono, Pjs. Irdam XIII/Merdeka Kolonel Arm Ali Nabhan, para Asisten dan Kabalakdam XIII/Merdeka serta Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny. Fenti Candra Wijaya beserta ibu-ibu Persit.

(EffendyIskandar/Autentikasi:
Kolonel Inf Daniel E. S. Lalawi, S.I.P)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.