Kenang 24 Tahun Lalu, Danyonif 411 Kostrad Mayor Ilham Beri Motivasi Paskibraka Salatiga 2024

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Belum genap satu bulan, ibarat kata masih seumur jagung menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 411/Pandawa/6/2 Kostrad Mayor Inf Ilham Datu Ramang dengan callsign “Bapak Pandu” berbagai kegiatan dilaksanakan, tak hanya dibidang latihan saja, bidang teritorial juga sudah di gass oleh lulusan Akademi Militer Magelang tahun 2006 “PUNTADEWA” itu.

Setelah 10 hari memegang amanah, tugas dan tanggungjawab sebagai Komandan Pasukan Pandawa Kostrad yang punya julukan “Ksatria Sejati” karena keberanian dan aksinya dalam menumpas Organisasi Papua Merdeka (OPM) saat melaksanakan penugasan di wilayah Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga tahun 2023-2024.

Pagi tadi, Kamis(15/8/2024) Mayor Inf Ilham Datu Ramang bersama dengan 6 prajuritnya secara khusus berkunjung ke Alun-alun Pancasila Kota Salatiga dalam rangka memberikan motivasi dan semangat untuk Anggota Paskibraka Kota Salatiga tahun 2024 yang dalam hitungan hari akan bertugas mengibarkan bendera pada upacara 17 Agustus atau hari Sabtu nanti.

Usut punya usut ternyata Mayor Inf Ilham Datu Ramang merupakan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara pada tahun 2000 tepatnya 24 tahun lalu, hal ini lah yang mendorong beliau untuk memberikan motivasi dan membakar semangat sekaligus bernostalgia dan bertukar pengalaman.

Dengan pawakan tinggi besar, Mayor Ilham sapaan akrabnya itu terlebih dahulu memperkenalkan enam prajurit Yonif 411 Kostrad yang juga merupakan anggota Purna Paskibraka Indonesia (PPI).

Mereka adalah Kopral Dua Firman Hutabarat PPI Provinsi Sumatera Utara 2009, Pratu Alex Karabo PPI Provinsi Papua 2014, Pratu Fauzi Saputra PPI Kabupaten Pesisir Selatan 2013, Pratu Thomas Kopong PPI Kabupaten Flores Timur tahun 2018, Prada Firman Darmawan PPI Kota Lubuk Linggau 2018, Pratu Nasrul Hidayat PPI Kabupaten Sidoarjo tahun 2012.

Dalam sambutannya, Mayor Inf Ilham menyampaikan kedatangannya dengan prajurit dari Yonif 411, Kostrad yang pertama adalah bernostalgia dan yang kedua untuk memberikan motivasi dan semangat.

Lanjutnya, pada tahun 2000 tepatnya sekitar 24 tahun yang lalu kita pernah memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama menjadi pengibar bendera pada upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus.

“Kalian adalah siswa-siswi yang terpilih dari Kota Salatiga, berikan yang terbaik untuk Kota Salatiga pada tanggal 17 Agustus nanti, fokus dan konsentrasi pada saat bertugas nanti, kita semua berdoa diberikan kelancaran dan kesuksesan untuk Paskibraka Salatiga 2024,” pungkas Danyonif 411/Pandawa ke-36 tersebut.

Mayor Ilham menceritakan pengalamannya pada saat menjadi Paskibraka Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2000, pada saat itu beliau menjadi Komandan Pasukan 17 (pagi dan sore).

Harapan kami semua, kedatangan kami pagi ini disini dalam suasana nostalgia, bisa menjadi suntikan semangat untuk Paskibraka Salatiga.

“Apa yang kalian kerjakan hari ini disini akan menjadi bekal untuk meraih cita-cita kalian kelak, ikut Paskibraka ini merupakan bekal dan modal awal jika nantinya ingin mendaftar menjadi anggota TNI ataupun Polri,” terangnya.

Sebelum berpamitan meninggalkan alun-alun Pancasila tempat Paskibraka Salatiga menjalini latihan, Mayor Inf Ilham memberikan contohnya langsung dan tehnik olah suara khususnya bagi Komandan Pasukan 17 dimana posisi tersebut pernah diemban pada 24 tahun silam.

Ratu

(Penkostrad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.