Komitmen Ciptakan Pilkada Damai Di Maluku, Danlantamal IX Kerahkan Prajuritnya Apel Gelar Psukan Gabungan TNI-POLRI

Spread the love

Jurnalline.com, Ambon – TNI Angkatan Laut. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon. Brigadir Jenderal TNI (Mar) Suwandi, S.A.P., M.M menghadiri apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Pilkada 2024 bertempat di Batalyon Infanteri 733/Masariku, Waiheru, Baguala, Kota Ambon. Selasa (13/08/2024)

Brigjen Wandi panggilan akrab Danlantamal IX menghadiri Apel Gelar Pasukan untuk Perkuat Persatuan dan Kesatuan Dalam Rangka Menciptakan Pemilu Damai, hal tersebut sebagai Pengamanan Pilkada Maluku 2024. Apel ini di pimpin langsung oleh Pangdam XV Pattimura Mayjen Syahrial dan Kapolda Maluku Irjen Pol Eddy Sumitro Tambunan.

Apel Gelar Pasukan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Polri dalam melaksanakan pengamanan Pilkada Maluku 2024 agar berjalan dengan baik dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.“Dilaksanakannya Apel Gelar Pasukan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan kita baik personel, peralatan kendaraan serta sarana dan prasarana dalam pengamanan Pilkada 2024 sehingga dapat berjalan dengan baik, lancar dan aman,” tegas jenderal baret ungu ini.

Keamanan Pilkada Maluku 2024 menjadi tanggung jawab TNI Polri. Oleh sebab itu personel TNI Polri yang tergabung dalam apel gelar pasukan ini diminta mewaspadai titik dengan kerawanan tinggi dalam keamanan Pilkada terutama di tempat pengambilang suara. Menghadapi hal itu, TNI Polri sudah menyiapkan 1500 personel diantaranya terdapat Pasukan Huru-Hara (PHH), Anti Anarkis, Penjinak Bom (Jibom), Satuan Perlawanan Teror (Wanteror) dan KBRN.

Pemungutan suara yang jatuh pada bulan November mendatang menjadi puncak rangkaian Pilkada Maluku 2024. Tingkat kerawanan yang tinggi diperkirakan terjadi pasca pencoblosan sampai dengan perhitungan suara, serta gugatan yang bergulir ke Mahkamah Konstitusi. Apel gelar pasukan ini melatih dan melihat kesiapan personel yang terlibat untuk menghadapi reaksi anarki yang kemungkinan terjadi pada Pilkada tersebut. Pada kesempatan tersebut Danlantamal IX didampingi Asintel Danlantamal IX dan Asops Danlantamal IX

Ratu

(Dispen Lantamal IX)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.