SMANSA Kawangkoan Barat Siap Canangkan ‘Disiplin Tanpa Kekerasan’

Spread the love

Jurnalline.com, Kawangkoan (MINAHASA) — Disiplin adalah sikap rela sepenuhnya dalam menaati segala aturan dan norma yang ada dengan penuh tanggung jawab. Setiap orang tua tentu berharap memiliki anak-anak yang disiplin.

Dikatakan Kepala Sekolah SMA N 1 Kawangkoan Barat Kabupaten Minahasa. Drs. Rickie Pantow. (Satu Satunya Sekolah Yang Menggunakan Sistem Digital) kepada media jurnallinedotcom untuk mewujudkannya orang tua akan melakukan berbagai upaya dan pola pengasuhan guna membentuk anak yang disiplin.

Namun, yang sering terjadi justru pendekatan yang dilakukan orang tua kurang tepat sehingga bukannya membuat anak disiplin, malahan memberikan dampak yang negatif.

“Kedisiplinan kerap diidentikan dengan tindakan “kekerasan” dan “hukuman” dengan alasan membuat anak jera dan tidak melakukan kesalahan yang sama.” Ujarnya

Lanjut Ada kalanya, hasil yang diperoleh memang efektif membuat anak jera, hanya saja tindakan “keras” yang orang tua lakukan justru bisa menimbulkan persoalan baru seperti luka batin, permasalahan emosional, tertekan, perilaku menyimpang, dan bahkan rendahnya nilai diri mereka.

Mengingat hal di atas, tentunya perlu dilakukan pendekatan yang lebih baik dan efektif. Salah satu pendekatan yang bisa dilakukan adalah disiplin positif tanpa Kekerasan.

“Kami berharap dengan Deklarasi /Launching Disiplin Tanpa Kekerasan’ di Lingkungan SMA Negeri 1 Kawangkoan Barat ini tentunya akan memberikan dampak positif bukan hanya kepada siswa namun juga kepada para guru.” Tukasnya

Menambahkan dengan sikap Patriotisme di moment Semarak HUTRI ke 79 tahun 2024 ini, kepada 45 putra putri yang ikut PASKIBRAKA, akan menjadi Siswa Teladan, Berprestasi, Berakhlak.
(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.