Wadan Lantamal XII Hadiri Pencanangan “Gerbangdutas” Jangka Menengah tahun 2025-2029 di Provinsi Kalbar

Spread the love

Jurnalline.com, Pontianak-TNI AL- Bertema “Terwujudnya Perbatasan Negara yang Berdaulat dan Masyarakat Perbatasan Yang Sejahtera Dalam Rangka Mewujudkan Bersama Indonesia Maju, Menuju Indonesia Emas”, Wadan Lantamal XII Kolonel Marinir Qomarudin menghadiri acara Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas), bertempat di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar. Jl. Jenderal Ahmad Yani. Pontianak, Kalbar. Selasa. (27/08/24)

Tujuan dari Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) adalah mendorong percepatan pembangunan di kawasan perbatasan negara secara komprehensif dan terpadu/terintegrasi melalui kegiatan lintas K/LPNK di daerah perbatasan.

Pj. Gubernur Kalbar dr. Harisson menyampaikan Kalimantan Barat sebagai provinsi yang juga berada di pulau Kalimantan merupakan Lokasi IKN tentu mengharapkan dampak positif yang merata dan berkelanjutan bagi seluruh kawasan, termasuk daerah perbatasannya.

Harapan besar adalah adanya perbaikan dan pengembangan infrastruktur yang terhubung antara Kalimantan Barat dan IKN. Jalan, jembatan, dan fasilitas transportasi yang lebih baik bisa mempermudah akses dan meningkatkan konektivitas regional.

Ia berharap, agar acara pencanangan ini menjadi momentum yang baik untuk terus melakukan langkah-langkah konkret dalam mendorong percepatan pembangunan perbatasan negara secara komprehensif dan terpadu serta terintegrasi.

Lain halnya dengan Mendagri RI Muhammad Tito Karnavian, selaku Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mengatakan tugas pertama adalah mengelola segmen perbatasan agar menjadi clear dan jelas, guna mengatasi sejumlah persoalan di kawasan perbatasan yang masih dalam sengketa. BNPP pun didorong melakukan penyelesaian sengketa batas negara dengan jalan diplomasi secara damai.

“Selanjutnya BNPP juga bertugas untuk mengelola Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Adapun secara operasional, PLBN dijalankan di bawah koordinasi BNPP dengan diikuti beberapa instansi, meliputi TNI, Polri, Imigrasi, Bea Cukai, Badan Karantina Indonesia, hingga pemerintah daerah (Pemda). Lalu tugas ketiga BNPP yaitu membangun daerah perbatasan”, tegas lagi.

Ratu

(Dispen Lantamal XII)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.