Dandim 0506/Tangerang Hadiri Acara Gotong Toapekong: Membangun Toleransi Budaya

Spread the love

Jurnalline.com, Kodam Jaya, Tangerang – Komandan Kodim 0506/Tgr, Letkol Inf Ary Sutrisno,S.IP, monitoring dengan menghadiri langsung Prosesi 12 Tahunan Gotong Toapekong YMS Kwan Im Hud Couw 2575/2024 Perkumpulan Boen Tek Bio yang dilaksanakan di Pendopo Jl. Kisamaun Kel Sukarasa Kec Tangerang, Kota Tangerang, Sabtu (21/09/2024).

Dengan tema, “Bersama dalam Moderasi Merajut Keutuhan Multikultural”, acara ini dihadiri± 1.000 orang dan juga dilakukan Arakan Arakan Gotong Toapekong.

Dalam sambutannya, Dr. Ruby Santamoko, S.Ag, M.MPd Ketua Umum Perkumpulan Boen Tek Bio menyampaikan, terima kasih kepada semua yang hadir dalam prosesi arak-arakan gotong tepekong ke-168. “Kami bangga menerima penghargaan dari Pemerintah Kota Tangerang, menandai kegiatan ini sebagai warisan budaya tak berbenda.” ujarnya.

” Dua poin penting yang kami tekankan adalah pentingnya mewariskan tradisi dan memberikan pendidikan kepada generasi muda. Pada tahun ini, kami melibatkan 37 peserta dari berbagai budaya dan agama, dengan harapan dapat mempererat kebersamaan di seluruh lapisan masyarakat.” katanya.

Pj Walikota Tangerang, Dr. Nurdin S. Sos, M.Si didalam sambutannya mengatakan, Hhari ini kita merayakan arak-arakan gotong tepekong ke-168 yang melibatkan masyarakat luas. “Kami mengapresiasi upaya menjaga warisan leluhur dari etnis Tionghoa, yang memiliki makna penting bagi semua warga Tangerang.” ujarnya.

“Acara ini tidak hanya melestarikan budaya, tetapi juga berpotensi meningkatkan perekonomian dari sektor pariwisata. Semoga kegiatan ini membawa keberkahan bagi kemajuan Kota Tangerang.” jelasnya.

Sedangkan sambutan, Wakil Menteri Agama RI, KH Saiful Rahmat Dasuki, S.I.P, M.Si mengatakan, Kami mengapresiasi masyarakat, terutama Perkumpulan Boen Tek Bio, yang telah menjaga tradisi ini meski di tengah modernisasi. “Mari kita terus kembangkan sikap toleransi dan harmonisasi, terutama menjelang Pilkada yang akan datang.”terangnya.

Diakhir sambutan dikatakannya,Selamat atas penetapan acara ini sebagai warisan budaya tak berbenda, dan terima kasih kepada panitia dan pengurus klenteng yang telah berkontribusi.

Disela-sela acara, Letkol Inf Ary Sutrisno. Dandim 0506/Tangerang, yang terlihat ikut dalam pelepasan peserta Arakan Arakan Gotong Toapekong mengatakan bahwa rute yang dilalaui saat arakan teraebut dari Jl. Kisamaun Tugu Jam Damatek – Jl. A Damiyati – Jl. MT Hariyono – Jl. Kisamaun – dan finis di Jl. Kali Pasir Boen Tek Bio.

“Untuk menjaga berjalannya acara dengan aman dan tertib, Kita juga melibatkan pengamana dari unsur TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, Damkar, Tim Kesehatan, dan anggota Saka Bhayangkara. Setiap aparat keamanan saling koordinasi antar petugas kewilayahan guna kelancaran kegiatan dan pengamanan selama kegiatan berlangsung.” kata Dandim.

Tampak hadir diacara itu, Dra Hj Shinta Nuriyah Wahid, M.Hum Mantab Ibu Negara Presiden RI ke 4, Hj Dr Ida Fauzia Menteri Ketenaga Kerjaan RI, KH Saiful Rahmat Dasuki S.I.P M.Si Wakil Menteri Agama RI, Letjen TNI Eko Margiyono MA Plt Gubernur Lemhanas RI, Dr Maulana Al Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI, Dr.Drs.H.Abdul Muhaimin Iskandar M.Si Wakil Ketua DPR-RI, Drs. Supriyadi M.Pd Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI, Drs Bahtiar Baharuddin Dirjen Polpum Kementrian Dalam Negeri RI, Dr. Nurdin S. Sos M.Si Pj Walikota Tangerang, Dr Drs Andi Oni Prihartono M.Si PJ Bupati Tangerang, Letkol Inf Ary Sutrisno,S.IP Dandim 0506/Tgr, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho SH MH M.Si Kapolres metro Tangerang Kota, Drs H Herman Suwarman Sekda Tangerang Kota, Gatot Wibowo Anggota DPRD Kota Tangerang, Hj Airin Rachmi Diany Tokoh Masyarakat/Bacalon Gubernur Banten, Mayor inf Zain Nurohman Pasi Intel Korem 052/Wkr, Mayor inf Jefriansen Sipayung SE SH Danramil 01/Tgr, Jamhari S.Ag M.Pd. B Pembimmas Budha Provinsi Banten, Rizki Tansil S.Kom Ketua Walubi Banten, KH. Amin Munawar MA Ketua FKUB Kota Tangerang, Dr Ruby Santamoko S.Ag, M.MPd Ketua Umum Perkumpulan Boen Tek Bio, Friska Ong S.Kom M.M.S.I Ketua Panitia, Para Kepala OPD Pemerintah Kota Tangerang, Para Panitia Pengurus Perayaan Boen Tek Bio, Tokoh Agama dan Masyarakat Kota Tangerang.

Ratu

Sumber Kodim 0506/Tangerang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.