Diskes Lantamal XII Sosialisasikan Kewaspadaan Terhadap “Monkey Pox”

Spread the love

Jurnalline.com, Mempawah (TNI AL- Lantamal XII) – Dalam rangka upaya meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan wabah Monkeypox (Cacar Monyet) di lingkungan Lantamal XII, Tim Diskes Lantamal XII yang terdiri dari Kapten Laut (K) dr. Handoko, Letda Laut (K) dr. Jimmy Rianto dan Letda Laut (K/W) dr. Irmalita mengadakan Sosialisasikan Kewaspadaan Terhadap “Monkey Pox” kepada parjurit dan PNS Lantamal XII, bertempat di teras Mako Lantamal XII. Jl Wajok Hilir Km.17 Mempawah Kalbar. Senin (02/08/24).

Tujuan sosialisasi monkey pox ini adalah untuk meningkatkan kesadaraan, kemauan prajurit dan PNS Lantamal XII untuk mau hidup sehat. Hal ini dilakukan agar prajurit dan PNS Lantamal XII lebih waspada dan tanggap terhadap gejala awal penyakit monkey pox tersebut.

Virus cacar monyet dapat menular ketika seseorang bersentuhan dengan hewan yang terinfeksi, orang yang terinfeksi, atau bahan yang terkontaminasi virus. Virus cacar monyet dapat menyebar dari hewan ke manusia melalui gigitan atau cakaran atau melalui penggunaan produk yang terbuat dari hewan yang terinfeksi.

Gejala awal pada manusia akan mengalami demam >38°C, ruam dan pustule padat di area kepala dan wajah, lebih sedikit di badan dan kaki, khasnya terdapat limfadenopati (pembengkakan kelenjar getah bening). Masa inkubasi cacar monyet biasanya berkisar 6 hingga 13 hari tetapi dapat pula 5 hingga 21 hari.

Ditempat terpisah, Kadiskes Lantamal XII Letkol Laut (K) drg. Susilo Ahmad Widodo mengatakan kegiatan sosialisasi ini sebagai upaya peningkatan kewaspadaan dan pencegahan dini, serta pemahaman tentang wabah monkey pox.

“Diharapkan setelah mendapatkan penjelasan dari Tim Diskes Lantamal XII, kita semua bisa lebih memahami dan mengetahui penyakit monkey pox sebagai upaya kewaspadaan kita bersama dan selalu tetap menjaga kebersihan dan kesehatan,” kata Kadiskes Lantamal XII.

Ratu

(Dispen Lantamal XII)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.