HUT Ke16 Desa Kayuuwi SatuAjang Promosi Wisata Kuliner dan Kearifan Lokal Masyarakat

Spread the love

Jurnalline.com, Kawangkoan (Minahasa) — Mengangkat Tema: “Tumaanei Endo Tinouan Rorong, Kayuuwi Satu, dengan sub tema (Taar Kumiit) : “Elur Waya Nandoong, Mempadoodaan, Mensensembongan, Mensiri-sirian, wo Mauupus-upusan.” Perayaan Hari Ulang Tahun desa yang ke – 16 tahun Desa Kayuuuwi satu Minggu, (01/09/2024) kemarin Bertempat di Kompleks Pasar Kuliner Berlangsung sukses dan Meriah dihadiri Asisten II Setdakab Arody Tangkere, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kab.Minahasa Thelma Lapian, Camat Kawangkoan Barat Meidy Keintjem , Hukum tua Vanly S.Rorimpanday, didampingi ny. Jeane Rondonuwu, dan Ketua LPM Bernhard Assa, juga Ketua Panitia SJ.Piet Watung, serta seluruh Masyarakat.

Kepada wartawan media ini, Hukum tua Vanly S.Rorimpandey, memberikan Apresiasi kepada seluruh masyarakat, jajaran Perangkat desa, LPM, BPD, PKK desa dan seluruh pihak yang sudah boleh hadir ikut berpartisipasi pada pembukaan seluruh kegiatan.

“Suksesnya seluruh yang kefiatan yang dimulai pada tanggal, 01-30/September 2024 ini tentu didukung oleh Keterlibatan seluruh masyarakat desa Kayuuwi satu yang telah sangat berperan mensukseskan kegiatan yang digelar.” Ujar Kumtua Vanly

Adapun lanjut Hukum tua desa Kayuuwi satu Vanly S. Rorimpandey, Beberapa rangkaian kegiatan yang selanjutnya digelar antara lain;

  1. Festival Kuliner, Lomba murah meriah Seni dan Budaya, 2. Pemilihan Mangalitou wo Mangeleun, 3. Cipta Lagu Kayuuwi satu, 4.Pentas seni dan Budaya kearifan lokal, 5. Tumbuk beras dan buat kukis Cucur, 6. Maraum dan Palakat, 7. Menyusun Kamus kecil Bahasa Toutemboan diikuti siswa SD, 8. Bercerita kearifan lokal masyarakat kayuuwi satu oleh para Lansia, 9. Menyanyikan lagu lama desa Kayuuwi satu, dan kegiatan pendukung lainnya seperti olah raga Linedance, tarik roda sapi, Bus dan Motor lambat.

Menjadi harapan seluruh kegiatan dapat memberikan dampak dan manfaat kepada masyarakat, selain peningkatan Pariwisata , peningkatan budaya dan kearifan lokal desa Kayuuwi satu. “Kegiatan ini diharapakan dapat memberikan dampak dan manfaat kepada masyarakat, selain peningkatan ekonomi bagi masyarakat khususnya pada kuliner yang disajikan .” Pungkasnya (EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.