Kadis Tommy Wuwungan Resmi Buka Festival Tunas Bahasa Ibu Toutemboan Th.2024

Spread the love

Jurnalline.com, Langowan (MINAHASA) — Bertempat di Taman Cita Waya Langowan Resmi Dihelat Festival Tunas Bahasa Ibu Minahasa Toutemboan Rabu, (18,19,20/September/2024) dengan jenis perlombaan Puisi, Pidato, Bahasa Daerah, Komedi Tunggal, Dongeng, dan Cerpen, Lagu Bahasa Toutemboan.

Adapun Kegiatan dihadiri Kepala Balai Bahasa Sulut, Januar Pribadi, diwakili Ramadhan, Camat Langowan Timur, Ny Ir Isye Liby Supit, Bersama Sekcam, Staf Khusus Bupati Ir Adi Palit, Para Kepala Sekolah serta Jajaran Panitia.

Kepala Balai Bahasa Sulut, Januar Pribadi, yang diwakili oleh Ramadhan mengatakan kaitan dilaksanakan kegiatan ini bertujuan agar bahasa daerah, (Tountemboan) dapat terus dilestarikan.

“Karenanya lewat kegiatan hari ini Secara berjenjang dilaksanakan dimana penggunaan bahasa daerah dikalangan anak muda mulai terkikis.” Ujarnya

Oleh Balai Bahasa Sulut, Dengan adanya pembinaan kepada para Kepsek dan juga guru guru, ini selanjutnya mampu diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari sembari berharap akan semakin menguatkan generasi muda tentang bangga dalam berbahasa daerah.” Jelas Ramadhan

Menambahkan pada kegiatan di awal tahun 2025 mendatang, lomba serupa akan menyasar 4 Kabupaten Antara Lain : Minahasa, Mitra, Minsel dan Minut secara berjenjang untuk persiapan ketingkat Nasional.

Dirinya berharap kepada para anak muda semakin termotifasi dalam berbahasa daerah, serta menguatkan Generasi Muda untuk Berbahasa daerah ‘Tontemboan’ sebagai Bahasa Ibu.

Sebelumnya Kadis Pendidikan Tommy Wuwungan, SPd MM, Dalam Sambutannya memberikan apresiasi yang besar kepada para panitia, Kepala sekolah dan guru – guru yang berada di Langowan, Tompaso Kawangkoan dan Sonder yang boleh melaksanakan kegiatan ini.

“Revitalisasi Bahasa daerah pada kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu Kab.Minahasa kali ini melalui enam kegiatan lomba yang diikuti sekitar 300 Peserta SD dan SMP kiranya dapat meningkatkan Identitas orang Minahasa dalam berbahasa Tontemboan sebagai bagian anugerah Tuhan dan perlu dilestarikan. ” Tandas Kadis Tommy Wuwungan.

Adapun Tampil sebagai tim juri pada kegiatan ini, antara lain: Sasmi Lumentah, Olga Bolung, Glady Tuwo, Injili Paat, Jacky langi, Aditia Kurniawan, dan Maylen Kalangi.

Kegiatan dihadiri Kepala Balai Bahasa Sulut, Januar Pribadi, Camat Langowan Timur, Ir Isye Liby Supit, Bersama Sekcam, Staf Khusus Bupati Ir Adi Palit, dan Para Kepala Sekolah serta Jajaran Panitia. (EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.