Kasal Hadiri Pengarahan Presiden RI Kepada Pejabat TNI-POLRI Tahun 2024 Di IKN

Spread the love

Jalesveva Jayamahe,

Jurnalline.com, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menghadiri Pengarahan Presiden RI Ir. Joko Widodo kepada Pejabat TNI dan Polri tahun 2024, di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Kamis (12/09).

Pengarahan Presiden RI ini turut dihadiri Menteri Pertahanan yang sekaligus Presiden terpilih Republik Indonesia 2024-2029 Prabowo Subianto, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kasau Mohamad Tonny Harjono, serta para Pejabat TNI-Polri dari seluruh Indonesia.

Kegiatan diawali dengan kata pengantar dari Panglima TNI, di mana pada Panglima TNI mengajak seluruh peserta untuk menyimak dengan seksama pengarahan dari Presiden. ”Saya meyakini bahwa apa yang akan disampaikan Bapak Presiden sangat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua, serta menjadi motivasi guna meningkatkan profesionalisme dan kinerja TNI-Polri di masa yang akan datang,” ucap Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Pengarahan Presiden RI kepada Pejabat TNI dan Polri ini diikuti oleh 1094 orang yang terdiri dari seluruh Panglima, Komandan dan Kepala di jajaran TNI dan Polri sampai dengan tingkat Kodim dan Polres di seluruh Indonesia.

Selanjutnya Presiden Jokowi dalam pengarahannya menyampaikan bahwa pada Bulan Oktober akan dilaksanakan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih dan pada Bulan November akan dilaksanakan Pilkada serentak.

“Saya minta TNI dan Polri harus menjaga betul stabilitas, mendukung penuh transisi pemerintahan agar mulus. Pastikan proses transisi ini berjalan dengan baik dan lancar, jangan sampai ada riak-riak yang berpotensi menganggu. Juga, dukung penuh penyelenggaraan Pilkada. Jaga netralitas, jaga situasi agar tetap kondusif,” ujar Presiden RI.

Lebih lanjut Presiden mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dedikasi dan kerja keras seluruh anggota TNI-Polri. ”Saya berharap TNI-Polri ke depan bisa terus mempertahankan kekompakannya, mempertahankan sinergitasnya dalam menjaga dan melindungi negara kita Indonesia,” pesan Ir. Joko Widodo.

Sementara itu Kapolri saat memberikan kata penutup mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas arahan direktif dari Presiden RI. ”Kami merasa yakin dan mampu menghadapi serta menyelesaikan berbagai tantangan tugas ke depan, selanjutnya TNI-Polri siap menindaklanjuti arahan Bapak Presiden untuk mewaspadai perkembangan lingkungan strategis yang dapat berdampak pada kemajuan bangsa, meningkatkan kualitas, kapasitas, dan profesionalisme pelaksanaan tugas guna menjaga stabilitas kedaulatan negara serta stabilitas keamanan dalam negeri, mengawal proses transisi pemerintahan agar berjalan dengan lancar,” ujar Kapolri.

Selain itu menjelang Pilkada serentak, Kapolri menyampaikan akan menjamin keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah, mendukung seluruh pelaksanaan program pemerintah agar dapat berjalan dengan konsisten dan berkelanjutan, menjunjung tinggi netralitas dan mendukung terwujudnya demokrasi yang berkualitas selama pelaksanaan Pilkada serentak, menjaga marwah institusi dan kepercayaan masyarakat dengan melakukan pengawasan, melekat secara berjenjang serta menampilkan keteladanan, mempererat sinergitas dan soliditas TNI-Polri hingga level pelaksana serta senantiasa bekerja sama untuk hadir memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Ratu

Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.