Kol.Inf Sahnun Di Dampingi Kadis Pertanian OI Kroscek Optimasi Lahan Pertanian Di Desa Sejaro Sakti

Spread the love

Jurnalline.com,Ogan Ilir (Sumsel) Kol.Inf.Sahnun (Staf Ahli Bidang Sosial Budaya) Kodam II Sriwijaya di dampingi Kepala Dinas Pertanian Ogan Ilir Abi Bakrin MSi beserta rombongan tinjau
Optimasi Lahan (OPLA) Rawa Kelompok Tani Subur Hijau ,Sabtu (14/9) bertempat di Desa Sejaro Sakti,Kecamatan Indralaya,Ogan Ilir.

Bersamaan hari libur,Kol.Inf.Sahnun beserta rombongan di dampingi Kepala Dinas Pertanian OI meninjau lokasi Optimasi Lahan Rawa Desa Sejaro Sakti yang tidak jauh dari Komplek Perkantoran Terpadu Pemda Ogan Ilir guna memastikan lokasi lahan rawa yang dijadikan tempat untuk produksi padi,serta mengecek peralatan Pertanian yang ada pada lahan Optimasi tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Abi Bakrin mengatakan bahwa Optimasi Lahan (OPLA) Rawa merupakan salah satu langkah strategis dalam mengantisipasi kekurangan lahan untuk memproduksi padi.Disamping itu OPLA merupakan pilihan yang tepat dilaksanakan karena hasilnya dapat segera terlihat dengan biaya yang relatif murah.

Selain itu, Optimasi Lahan merupakan salah satu program Kementerian Pertanian untuk meningkatkan produktivitas pangan nasional.Dan bertujuan untuk membantu petani agar hasil panen yang selama ini hanya sekali dalam setahun bisa menjadi dua kali dalam setahun,”katanya.

Selain itu dikatakannya, OPLA difokuskan untuk meningkatkan Indeks Pertanian(IP) dan produktifitas melalui penyedian sarana produksi pupuk atau kapur,seta bantuan pengelolaan tanah,dan dilaksanakan pada daerah irigasi yang kondisi jaringan irigasinya baik.

Pola pelaksanaan kegiatan percepatan Optimasi Lahan adalah berupa bantuan sosial dengan transfer langsung ke rekening kelompok Tani, hal ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kebersamaan dan gotong royong yang tinggi di setiap kelompok pelaksana kegiatan,dan kelompok dapat semakin solid dan padu sehingga tidak ada perselisihan di intern kelompok,”harapnya.

Sementara Kepala Desa Sejaro Sakti Ali Zaher mewakili Kelompok Tani Subur Hijau Desa Sejaro Sakti mengatakan bahwa Optimasi Lahan pertanian sekarang ada seluas 65 hektar.Lahan yang sudah ditanam baru 11 hektar,4 hektar sudah dipanen mendapatkan sebanyak 24 Ton padi,sementara 7 hektar lagi belum di panen,karena buah masih hijau.

Selaku Pemerintah Desa dan juga sebagai Petani tentu kami semua mengucapkan banyak Terima kasih kepada Pemerintah Pusat,Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Ogan Ilir atas segala bentuk bantuan yang sudah dikucurkan,terutama bantuan untuk kebutuhan Pertanian.

Mengingat masyarakat Desa Sejaro Sakti lebih dari 80% Petani,tentu dengan adanya Optimasi Lahan yang ada,jelas dapat membangkitkan gairah para Petani untuk meningkatkan produksi beras dan ekonomi masyarakat.Selaku Petani juga ia masih berharap bantuan dari Pemerintah Daerah, karena mengingat sulitnya untuk menggarap dan mengelola lahan sawah yang lebih 40 tahun tidak produktif ini akan di jadikan lahan yang produktif.Tentu kekurangan alat-alat Pertanian seperti Jonder dan Exsapator menjadi harapan besar bagi Petani Desa Sejaro Sakti,”harapnya. (Sy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.