Pangkostrad Hadiri Pembukaan Latma Safkar Indopura 36/2024 di Markas Yonif 411 Kostrad

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Panglima Kostrad (Pangkostrad) Mayjen TNI Mohamad Hasan menghadiri pembukaan Latihan Bersama (Latma) antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat dan Angkatan Darat Singapura (SAF) dengan sandi Safkar Indopura ke-36 Tahun 2024. Acara ini secara resmi dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., bersama dengan Singapore Chief of Army, Major General David Neo Chin Wee, bertempat di Lapangan Kurusetra, Markas Yonif 411/Pdw/6/2 Kostrad, Salatiga, Jawa Tengah. Senin (2/9/2024).

Dalam sambutannya, Kasad menegaskan bahwa latihan ini tidak hanya bertujuan memperkuat hubungan bilateral yang telah terjalin selama 36 tahun, tetapi juga meningkatkan kesiapan dan kemampuan operasional kedua angkatan bersenjata. “Tujuan utama Latihan Bersama Safkar Indopura ke-36 ialah untuk mempererat kerja sama dan membangun rasa saling percaya antara kedua angkatan darat. Selain itu, latihan ini menjadi sarana penting dalam meningkatkan keterampilan dan profesionalisme prajurit, meskipun terdapat perbedaan sejarah dan doktrin militer antara TNI AD dan Angkatan Darat Singapura,” ujar Kasad.

Latihan ini direncanakan berlangsung selama 12 hari di Salatiga dan Gunung Merbabu, mencakup berbagai kegiatan seperti Professional Exchange, Live Firing Exercise, Command Post Exercise, dan Field Training Exercise. Semua kegiatan ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan dan kerja sama satuan serta kesiapsiagaan dalam menghadapi tantangan bersama di masa depan.

Kasad juga menekankan pentingnya faktor keamanan selama latihan berlangsung serta menjunjung tinggi prinsip kesetaraan, kebersamaan, dan saling menghormati antara kedua angkatan.

Latihan ini diikuti oleh 210 peserta, terdiri dari 105 personel TNI AD yang diwakili oleh Yonif 411/Pandawa/6/2 Kostrad dan 105 personel dari Singapore Armed Forces (SAF) yang diwakili oleh 5th Battalion Singapore Infantry Regiment (5SIR).

Pada upacara pembukaan, dilaksanakan serah terima obor Safkar Indopura dan penyematan tanda peserta latihan kepada dua Komandan Batalyon, yaitu Danyonif 411/Pandawa/6/2 Kostrad Mayor Inf Ilham Datu Ramang dan Commanding Officer 5 SIR Lt Col Vanderput Ian James Valence.

Hal menarik lainnya dalam pembukaan Latma Safkar Indopura ke-36 ini adalah ungkapan kebahagiaan Major General David Neo terhadap Indonesia. Sebagai lulusan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Darat (Seskoad), Major General David Neo menyampaikan rasa terkesannya atas sambutan hangat dari TNI AD, khususnya Batalyon Infanteri 411/Pandawa/6/2 Kostrad. Ia juga mengungkapkan rasa syukur dapat kembali mengunjungi Indonesia, khususnya Salatiga.

Upacara pembukaan ini turut dihadiri oleh berbagai pejabat tinggi militer dan sipil, termasuk Pangdam IV/Diponegoro, Danjen Kopassus, Pangdivif 2 Kostrad, Para Asisten Kasad, Para Asisten Kaskostrad, Delegasi Singapore Army, Forkopimda Jawa Tengah, dan tamu undangan.

Ratu

(Penkostrad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.