Peduli Terhadap Perkembangan Teknologi Otonom, Kasal Buka FGD Autonomous Wargare For Revolution Maritime Operation Affair

Spread the love

Jalesveva Jayamahe,

Jurnalline.com, Jakarta, – TNI AL berkomitmen dalam meningkatkan kepedulian terhadap perkembangan teknologi otonom saat ini, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali membuka acara Focus Group Discussion (FGD) Autonomous Warfare For Revolution Maritime Operation Affair bertempat di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur. Rabu (25/09).

FGD yang diselenggarakan ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru kepada para peserta mengenai perkembangan teknologi otonom saat ini, pengaruhnya terhadap peperangan serta dampaknya terhadap kehidupan umat manusia.

Kegiatan diikuti secara tatap muka maupun video conference (vicon), di mana peserta yang hadir yaitu Pangkoarmada RI Laksdya TNI Denih Hendrata, Kabakamla RI Laksdya TNI Irvansyah, Pejabat Utama Mabesal, Pangkotama wilayah Jakarta, Kasatker di lingkungan TNI AL, serta mahasiswa Perguruan Tinggi. Sedangkan pada vicon dihadiri 143 peserta dari seluruh Kotama di seluruh Indonesia.

Kasal dalam Keynote Speech menyampaikan perkembangan teknologi yang semakin pesat telah mendorong terjadinya revolusi peperangan modern secara signifikan. “Salah satu contoh adalah munculnya konsep ”Autonomous Warfare (perang otonom)” yang mengacu pada penggunaan teknologi modern, seperti teknologi kapal atau pesawat tanpa awak dan artificial intelligence dapat mempercepat reaksi terhadap ancaman, meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi resiko bagi personel,” ucap Kasal.

Lebih lanjut penerapan autonomous warfare tersebut dapat juga menimbulkan berbagai tantangan, termasuk dari aspek sosial, hukum, politik dan strategi militer. Hal tersebut tentunya membutuhkan pembahasan mendalam terutama mengenai dampak dan potensi revolusi yang ditimbulkan dari perang otonom dalam peperangan maritim.

“Diharapkan kepada seluruh peserta dapat berpartisipasi secara aktif untuk menyumbangkan pikiran dan ide yang konstruktif dalam rangka menghasilkan solusi-solusi optimal pemanfaatan autonomous technology bagi perkembangan masa depan pertahanan maritim di Indonesia,” pesan Kasal.

Pada kegiatan FGD yang dimoderatori oleh Brigita Manohara, Presenter TV One, bertindak sebagai narasumber pada sesi pertama antara lain Asisten Khusus Menteri Pertahanan (Menhan) RI Laksdya TNI (Purn) Dr. Didit Herdiawan Ashaf, M.P.A., M.B.A. yang membahas tentang “Autonomous Warfare for Revolution Maritime Operation Affair” dan Ir. Ridwan Prasetyarto membahas tentang “AI and Multi-Agent System in Autonomous Maritime Warfare”.

Sedangkan narasumber pada sesi kedua adalah Wakil Kepala BRIN Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., IPU., ASEAN.Eng. membahas tentang “Senjata Cerdas Untuk Perang Laut”, dan Kababinkum Laksda TNI Kresno Buntoro, SH.LL.M., Ph.D. membahas tentang “Maritime Autonomous/Unmanned Vessel (MAV): Perspektif Hukum Internasional”.

Ratu

Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.