Sukseskan Program Jokowi Bendungan Gerak Jabung Lampung Timur Di Buka, Petani Palas Sragi Mereka

Spread the love

Jurnalline.com, Lampung Selatan–Kekhawatiran petani kecamatan palas lampung selatan prihal air asin yang mengancam tanaman padi di area sawah diwilayah setempat telah teratasi. Itu dikarenakan telah dibukanya pintu air bendungan gerak jabung way sekampung untuk mendorong air way sekampung supaya tidak asin, sabtu,(7/9/2024).

Menurut keterangan KUPTD TPHBund Kecamatan Palas, Uning Wisata menjelaskan dibukanya pintu air bendungan gerak jabung merupakan hasil musyawarah tanggal 5/9 di UPTD TPHBun Karya Tani Labuhanan Maringgai Lampung timur.
Area sawah dikecamatan Palas memiliki luas kurang lebih 3.128,5 hektar dan yang terdampak air asih sekitar 1.850 hektar.

“Itu kan hasil musyarawah mas. Hasil kesepakatannya, pintu air bendungan gerak jabung di buka mulai tangga 7 september pukul 00.00 WIB sampai tanggal 12 sepetember pukul 00:00WIB juga,”jelas KUPTD Palas, Uning.

Alasan dibukanya pintu air bendungan gerak jabuk, kata Uning, alasanya karena pada pagi hari air laut surut sehingga tidak sudah untuk mendorong air asin supaya tawar. Jika dibuka pada saat air laut pasang maka air asin susah terdorong.

“Jadi, ketika surut air payau ini terdorong masuk laut dan air tawar yang mengisi aliran way sekamung. Nanti ketika pasang, air tawar ini akan masuk ke saluran primer dan sekunder, seperti itu tehnisnya,”urainya.

Air payau dalam ukuran kadar garam diatas batas toleransi, lanjut Uning, tidak bisa dipakai untuk tanaman padi karena secara tehnis akan menghambat akar menyerap unsur hara sehingga jika dipaksakan bisa terancam gagal panen.

Terkait prosedur pembukaan pintu air bendungan gerak jabung, Imbuh Uning, Balai Besar menyarankan kedua belah pihak ( UPTD Palas Lamsel dan UPTD Labuhan Ratu Lamtim) untuk bermusyawarah. Balai besar sangat kooperatif sehingga tidak cendrung memihak satu wilayah.

Ia berharap dengan dialirkannya air tawar di way sekampung area persawahan di kecamatan palas dan sekitarnya bisa panen maksimal. “Harapannya, petani bisa panen. Hasilnya meninggkat kualitasnya bagus. Sama lah harapannya dengan petani lainnya,”ungkapnya memungkasi.

Terealisasinya usulan dibukanya pintu air bendungan gerak jabung way sekampung, Joando petani Desa Mekarmulya kecamatan palas sangat bersyukur dan ucapkan terima kasih pada balai besar dan pihak-pihak terkait yang telah membantu.

“Ya, alhamdulillah usulan kemarin itu sudah terwujud. Terima kasih balai besar dah realisasikan usulan petani. Terima kasih juga lada UPTD Palas dan UPTD Labuhan Ratu Lamtim. Mudah-mudahan sawah di Palas bisa panen bagus, hasilnya maksimal,”ucap Bang Jo petani Desa Mekar Mulya.

Penulis : Rudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.