Kodam 13Merdeka Gelar Pameran Alutsista

Spread the love

Jurnalline.com, PendamXIIIMdk — Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Komando Daerah Militer (Kodam) XIII/Merdeka melalui jajaran Satuan Tempur (Satpur), Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) serta Badan Pelaksana Kodam (Balakdam) XIII/Merdeka menggelar pameran Alutsista, Kamis (3/10/2024) Berlangsung di kawasan Pohon Kasih Megamas, Manado, Sulut.

Sejumlah kendaraan tempur (Ranpur) TNI dari tiga matra sengaja dipamerkan agar masyarakat Kota Manado dapat mengenal lebih dekat sejumlah Alutsista TNI yang selama ini memperkuat pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Diantara Alutsista yang dipamerkan adalah Tank Anoa, Tarantula, Kendaraaan PJD, Kendaraan Taktis, Kendaraan Mek Maz, Meriam Kaliber 105 MM, Kendaraan Jihandak, Kendaraan Truk LCR, Kendaraan Kommob dan Kendaraan Rumkitlap serta Mobil BVC.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya mengatakan pameran Alutsista ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT TNI ke-79 tahun 2024 yang digelar oleh TNI jajaran Kodam XIII/Merdeka, dilaksanakan mulai tanggal 3 sampai dengan 5 Oktober 2024.

“Pameran Alutsista ini dibuka untuk umum, sehingga masyarakat diberikan kesempatan untuk melihat secara langsung peralatan senjata pertahanan yang dimiliki oleh TNI,” kata Pangdam.

Pangdam menyampaikan melalui pameran Alutsista ini diharapkan agar masyarakat bisa mengenal lebih dekat dengan satuan-satuan yang ada di TNI baik TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara.

Selain itu dalam pameran ini juga terdapat banyak stand yang berisi berbagai informasi tentang peralatan pertahanan milik TNI, diantaranya mereka memamerkan perlengkapan alat utama sistem senjata, kemudian ada yang memamerkan bagaimana prosedur untuk mendaftar menjadi prajurit TNI, dan ada perlengkapan atau peralatan yang lainnya baik perlengkapan perorangan, perlengkapan satuan dan sebagainya.

“TNI juga rakyat, apa yang kita lakukan ini untuk rakyat semua dari rakyat, biar rakyat juga tau bahwa ini Alutsista TNI, biar mereka juga bangga bahwa TNI juga punya alat yang bagus,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan, stand pameran satuan-satuan militer juga menampilkan informasi seputar kegiatan TNI serta berbagai kegiatan sosial yang melibatkan masyarakat. “Tidak hanya itu, pameran Alutsista ini juga menyita perhatian para pelajar yang menyaksikan pameran tersebut, mereka tampak antusias melihat persenjataan yang dipamerkan, bahkan mereka tidak menyia-yiakan kesempatan tersebut untuk berfoto bersama Pangdam XIII/Merdeka.”

Kegiatan ini dihadiri Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Bagus Suryadi Tayo, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip, Danlanudri Manado Marsma TNI Ramot Sinaga, Danlantamal VIII Manado Laksma TNI Sihombing, Danrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Achmad Marzuki, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, Ketua Dharma Pertiwi Daerah M Ny Fenty Candra Wijaya, Wakil Ketua I Dharma Pertiwi Daerah M Ny Kiky Franky Sihombing, Wakil Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Ati Yustinus, para pengurus Dharma Pertiwi jajaran Daerah M dan para tamu undangan. (IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.