Setiap Untaian Daun Jatuh Untuk Kesuburan Tanah Lanudal Kupang

Spread the love

Jurnalline.com, Sidoarjo Puspenerbal – Pupuk kompos merupakan pupuk jenis organik terbuat dari bahan dedaunan sehingga sangat baik untuk menjaga kesuburan tanah. Kemudahan cara pembuatan dan kandungan hara yang terdapat dalam kompos membuat banyak petani mulai tertarik menggunakan pupuk ini, seperti yang dilakukan oleh prajurit Lanudal Kupang dalam pembuatan pupuk kompos melihat kondisi pangkalan yang mendukung. Senin (7/2/2022).

Pembuatan pupuk kompos bertempat di lahan pembuatan kompos Lanudal Kupang menggunakan Mesin pengolah kompos yang diberikan oleh Komandan Puspenerbal Laksamana Muda TNI Edwin.

Adapun bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan pupuk kompos antara lain, daun galam, hasil potongan rumput, kotoran kambing, cairan hasil nasi bekas atau bisa menggunakan EM 4 (bakteri). Semua bahan tersebut dicampurkan menjadi satu kemudian dikumpulkan ke dalam karung dan disimpan di tempat yang teduh untuk proses pembusukan.

Komandan Lanudal Kupang Letkol Laut (E) Nasrul Azharudin menyampaikan “pembuatan pupuk kompos tidaklah sulit disamping bahan yang mudah dicari disekitar pangkalan kita, untuk pembuatannya juga mudah. Pupuk kompos sangat baik untuk tanaman juga untuk menjaga kesuburan tanah dan itu sangat mendukung program ketahanan pangan kita ”. ujar Danlanudal.

Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.