Ikuti Perkembangan Teknologi, Prajurit Kolinlamil Latihan Aplikasi Sistem Kodal

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Pusat Komando dan Pengendalian (Puskodal) Komando Lintas Laut Militer menggelar Latihan Operasi Matra Laut Puskodal Triwulan I tahun 2022. Latihan yang digelar dalam rangka mengenalkan konsep implementasi teknologi informasi dan komunikasi dalam sistem Pusat Komando dan Pengendalian Operasi berlangsung selama dua hari dengan melibatkan 30 personel dari 5 satuan kerja terkait yaitu personel Staf Operasi Kolinlamil, Denma, Satlinlamil 1, Diskomlek dan Disinfolahta.

“Latihan ini implementasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bagi prajurit dalam mengawaki fungsi Komando dan Pengendalian yang efektif.” jelas Kepala Pusat Komando dan Pengendalian (Kapuskodal) Kolinlamil, Letkol Laut (P) Fery Anton di Ruang Puskodal, Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Jumat (11/2).

Tujuan dari pelatihan itu sendiri adalah meningkatkan kemampuan pelaku latihan, agar setiap personel baik perorangan maupun kelompok diharapkan mampu melaksanakan tugas dengan baik sesuai prosedur yang berlaku. Salah satu sasaran yang hendak dicapai adalah terbentuk dan terjalinnya koordinasi serta kerja sama antar prajurit Kolinlamil dalam pengoperasian perangkat atau peralatan komunikasi di Puskodal Kolinlamil dan KRI.

Materi yang dilatihkan meliputi cara pengoperasian Pusat Informasi Operasi dan radio Barret, cara menghubungkan VPN IP ke perangkat, cara mengatasi trouble pada jaringan vicon dan pelatihan konfigurasi jaringan computer.

“Dalam suatu pengendalian operasi, disamping eksistensi infrastruktur sistem komputer dan jaringan komunikasi data, aplikasi dan tools yang ada, juga harus didukung oleh pengetahuan, kemampuan dan keterampilan prajurit pengawaknya.” ungkap Kapuskodal.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma disela-sela waktunya menyampaikan bahwa dalam suatu latihan materi yang disampaikan antara teori dan praktek harus seimbang agar peserta yang terlibat setelah selesai mengikuti latihan bisa langsung menerapkan di lingkungan kedinasannya.

“Untuk tercapainya tujuan dan sasaran latihan, para personel yang terlibat harus melaksanakan dengan semangat dan bersungguh-sungguh. Teknologi informasi dan komunikasi saat ini berkembang sangat pesat, bila kita tidak mampu mengantisipasi maka kita akan ketinggalan.” tegas Panglima Kolinlamil.

Fram
Editor : Ndre
Sumber : Dispen Kolinlamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.