Dinas Pertanian Mitra Tingkatkan Pengawasan Terhadap Ketersediaan Pupuk

Spread the love

Jurnalline.com, Ratahan – Guna memaksimalkan peningkatan dan pelayanan pupuk dan juga benih kepada para petani, Dinas Pertanian kab.Mitra dalam hal ini terus berkomitmen melaksanakan pengawasan terhadap penyalur pupuk bersubsidi dari para kios pengecer.

Hal ini Menindaklanjuti surat keputusan Direktur Jenderal (Dirjen) prasarana dan sarana pertanian kementrian pertanian RI (Kememtan) bernomor 04/Kpts/RC.210/B/01/2022 Tentang petunjuk teknis ( juknis ), pengelolaan pupuk bersubsidi di tahun 2022,.

Dalam hal ini Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dibahas pada pertemuan bersama pemilik kios pengecer pupuk bersubsidi, distributor, produsen pupuk, dan Dinas Koperasi dan UKM Mitra, bertempat dikantor dinas Pertanian Mitra, Selasa (15/2/2022).

Kepala Dinas Pertanian kab.Mitra Djelly Waruis, kepada wartawan mengatakan bahwa pertemuan yang digagas dan difasilitasi oleh pihaknya adalah dalam rangka untuk mensinkronisasikan pengelolaan pupuk bersubsidi di daerahnya.

“Dinas Pertanian Berkomitmen untuk mengawal kepentingan para petani dalam pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi di wilayah Mitra,” tukas Waruis

Menambahkan Tim Verifikasi wajib mendata sesuai sistem, jika ada petani yang belum terdaftar Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok, dan tim verval segera mengkomunikasikan dengan penyuluh PPL.

Menurut Ismail Yonce Wohongan, Kabid Sarana Prasarana Dinas Pertanian Kab.Mitra terkait masukan dari para penyalur pupuk, juga menjawab kebutuhan subsidi pupuk yang dikeluhkan dan belum merata oleh sebagian Petani ditahun 2021 tahun menjadi keseriusan Dinas Pertanian kab.Minahasa Tenggara untuk ditahun 2022 ini.

“Kami berharap mekanisme anggaran harus diawal tahun jangan nanti diakhir tahun, karena persoalan ini dapat menjawab permasalahan yang ada.” Terang Kabid Ismail wahongon.

Kabir Sarana Prasarana Dinas Pertanian kab.Minahasa Ir.Yonce Ismail Wohongan, dalam laporannya bahwa penginputan data sesuai RDKK adalah sekitar 13.071 Petani yang ada di kab.Mitra Mendukung misi Bupati James Sumendap, mencapai Sukses ketiga Perekonomian masyarakat Mitra harus juga didukung dengan sukses Pertanian.

Ditempat yang sama GM Sunawar sebagai Pres Manager PPI wilayah kerja kab.Mitra menambahkan bahwasanya Laporan Harus disajikan dengan benar dan tepat waktu sesuai serapan pupuk sidsidi yang dibutuhkan masyarakat petani.

Terpisah Ka.bid Pangan Dinas Pertanian kab.Mitra Bpk. Frenki Lesar, Menjawab akan kebutuhan para kelompok tani terkait dengan kebutuhan bibit, mengantisipasi masa taman dari sekitar 3ribu lahan siap olah dirinya berharap para petani memilih benih selanjutnya untuk masa tanam pada bulan april mendatang Ka.Bidang Pangan Frenki menambahkan benih yang bagus sebagai cadangan untuk ditanam nanti aman dapat menghasilkan hasil yang baik seiring dengan ketersediaan pupuk yang didapat petani.

Diketehui pada April mendatang akan ada Penyaluran dan Penanaman benih jagung disekitar 3000 hektar yang tersebar di 12 lokasi diKec.Kab.Mitra.
“Bulan Februari dan maret nanti mengantisipasi masa olah tanam ketika lahan sudah siap para petani harus melihat cadangan benih juga yang tersedia.”pungkas Kabid Pangam Frenki Lesar

Kegiatan ini Turut dihadiri para Kepala BPP di 12 Kecamatan kab.minahasa tenggara, Tim Verval kecamatan, bersama pegusaha Kios pupuk.

Penulis : IskandarEffendy
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.