Danlanal Saumlaki Sambut Kedatangan KRI Teluk Manado-537 Di Dermaga Lanal Saumlaki

Spread the love

Jurnalline.com, Saumlaki, TNI AL (Lanal Saumlaki)– Komandan Lanal Saumlaki Letkol Laut (P) I Made Ardyan Budi H., S.E., M.Tr., Hanla., CRMP memimpin penerimaan kedatangan Kapal Perang (Merplugh) KRI Teluk Manado – 537 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Ichsanul Mutaqqin Ali, M.Han., S.T di Dermaga Lanal Saumlaki dalam rangka Satuan Tugas Operasi Pengamanan Pulau-Pulau Kecil Terluar di wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Sabtu (13/07/2024).

Merplug adalah istilah Angkatan Laut untuk kegiatan menerima atau melepas kapal perang di dermaga yang dilaksanakan bagi KRI yang sedang melaksanakan kegiatan operasi. Kegiatan ini menjadi sebuah tradisi Angkatan Laut di seluruh dunia dan merupakan penghormatan bagi kapal perang. Selain itu hal ini juga dilakukan terhadap Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang datang ke dermaga atau pelabuhan saat menjalankan tugas patroli keamanan laut. 

Kedatangan KRI Teluk Manado - 537 kali ini adalah untuk melaksanakan pergeseran pasukan dan materiil di wilayah Tanimbar, hadir pada kegiatan tersebut Danlanal Saumlaki didampingi Danyonif 734/SNS serta jajaran prajurit Lanal Saumlaki.

“Diharapkan pada kegiatan ini TNI Angkatan Laut dapat berperan penting dalam membantu pergeseran personel maupun materiil dalam satuan tugas pengamanan pulau – pulau terluar dengan tujuan menjamin kelancaran operasi serta memupuk sinergitas antar instansi terkait, yang nantinya akan melaksanakan tugas pengamanan di wilayah Indonesia” tutur Danlanal Saumlaki.

Raja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.