Paban Renspers Lantamal XII Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional Ke-40 Tahun 2024.

Spread the love

Jurnalline.com, Kubu Raya, TNI AL- Paban Renspers Lantamal XII Letkol Laut (K) Herry Sugiarto menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional Ke-40 Tahun 2024 dengan tema” Anak terlindungi, Kalbar Maju, Indonesia Maju” bertempat di Ibis Hotel. Jl. Jenderal Ahmad Yani Pontianak, Kalimantan Barat. (02/09/24).

Acara ini merupakan wujud komitmen terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak-anak yang membutuhkan kepedulian dan kasih sayang sebagaimana tema nasional "Anak Terlindungi Indonesia Maju".

Pj. Gubernur Prov. Kalbar dr. Harisson, mengatakan, anak adalah generasi penerus bangsa, oleh sebab itu setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang, serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Ia menambahkan, Negara menjamin hak-hak anak sebagaimana amanat UUD 1945, Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak, Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindugan Anak, dan Konvensi Hak-Hak Anak. Hak anak adalah bagian dari hak asasi manusia yang wajib dijamin, dilindungi, dan dipenuhi oleh orang tua sebagai lingkungan yang pertama dan utama.

Selain itu, keluarga, masyarakat, negara, dan pemerintah daerah juga berperan dalam memenuhi hak anak. Dua puluh satu tahun mendatang tepatnya di tahun 2045, Indonesia akan genap berusia satu abad sejak kemerdekaan sehingga anak-anak sebagai generasi penerus harus disiapkan dengan baik dari sekarang.

Ia juga, menghimbau kepada Ibu-ibu dan Bapak-bapak selaku orang tua dan para guru untuk mengembangkan disiplin positif pada anak. Mengarahkan anak untuk meningkatkan keterampilan, kreativitas dan percaya diri. Anak-anak harus betul-betul disiapkan, tidak hanya pintar, tidak hanya pandai, tapi juga berwawasan dan berkarakter.

Ratu

(Dispen Lantamal XII)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.